Breaking News:

Polres Metro Jakarta Barat Musnahkan Ratusan Kilogram Ganja dan Ribuan Butir Pil Ekstasi

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain, sabu sebanyak 23,7 kilogram, ganja sebanyak 197,6 kilogram, pil ekstasi sebanyak 1.314 butir

Dok Polres Metro Jakarta Barat
Konferensi pers kasus peredaran narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (16/9/2020). Barang bukti narkoba ini merupakan penyelidikan Polres Metro Jakarta Barat selama dua bulan, Juli-Agustus 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jajaran Polres Metro Jakarta Barat memusnahkan ribuan butir pil ekstasi, ratusan ribu kilogram sabu yang merupakan barang bukti hasil pengungkapan sejumlah kasus selam dua bulan terakhir.

Pemusnahan dilakukan di Mapolres Metro Jakarta Barat Rabu (16/9/2020). Hadir dalam kegiatan itu Dandim 0503 JB, Kolonol Inf Dadang dan Satpol PP Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru mengatakan bahwa barang bukti itu merupakan hasil tangkapan periode Juli hingga Agustus 2020. Audie menyebut, barang bukti yang dimusnahkan antara lain, sabu sebanyak 23,7 kilogram, ganja sebanyak 197,6 kilogram, pil ekstasi sebanyak 1.314 butir, serta serbuk bening dan cairan bening bahan prekusor pembuat narkoba.

Penyerang Sayap Bhayangkara FC Sani Rizki: Kami Sudah Siap dan Fokus Bertanding Melawan Arema FC

Marc Marquez Memberikan Kabar Gembira kepada Penggemarnya

Lebih lanjut Audie menjelaskan, barang bukti itu didapat dari pengungkapan 22 kasus narkoba oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat. “Dimana beberapa kasus di antaranya, polisi mendapatkan barang bukti yang cukup signifikan,” ungkap Audie, Rabu (16/9/2020).

Beberapa pengungkapan kasus itu ialah pengungkapan kasus di awal Juli 2020 yang dilakukan Unit 1 Satuan Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat. Mereka berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika jenis sabu dengan berat brutto 2,5 kg di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur dan di Curug, Tangerang, Banten. Dalam kasus ini polisi menangkap tiga tersangka.

Kemudian, lanjut Audie, pengungkapkan kasus oleh Unit 3 Satuan Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat. Mereka berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 1.200 butir di Jalan Condet Raya, Jakarta Timur. Dua tersangka diringkus dalam kasus ini.

Bek Berpengalaman Giorgio Chiellini Berharap Musim Depan tak Alami Cedera Lagi

Ahok sebut Kadrun akan Demo Dirinya Jika Jadi Dirut Pertamina, Fadli Zon: Rasis dan Memecah Belah

Selanjutnya, pengungkapkan kasus yang dilakukan Unit Tim Sus 1 Sat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat. Polisi mengungkap kasus peredaran narkotika jenis sabu dengan berat brutto 18 kilogram. Polisi mengungkap kasus ini di Perumahan Bintaro Jaya, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten dan membekuk dua tersangka.

Kasus lain yang diungkap adalah sindikat pengedar ganja antarpulau, Sumatera-Jawa-Bali pada akhir Juli 2020. Ketika itu Tim Sus Satuan Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, menggagalkan upaya penyelundupan 75 kilogram ganja dari Sumatera yang disamarkan dengan makanan berupa dodol ke setiap alamat tujuan.

“Jadi ganja ini rencananya akan diedarkan ke Kembangan, Jakarta Barat; Bekasi, Jawa Barat; Subang, Jawa Barat; dan Sidoarjo, Jawa Timur,” jelas Audie.

Sekda DKI Jakarta Meninggal, Eks Ketum Jakmania Kenang Kedekatannya

Volume Kendaraan di Jakarta Turun 20 Persen selama Pemberlakukan PSBB Pengetatan

Kemudian, ungkap Audie, pengungkapan upaya peredaran 46 kilogram ganja yang akan dikirim ke wilayah Bali. Sebelum akhirnya polisi mengungkap kasus ini, Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona membentuk tim untuk mengamankan paket ke alamat tujuan.“Tim ini yang kemudian berhasil meringkus tujuh pelaku yang merupakan jaringan pengedar ganja,” ujar Audie.

Sementara, di bulan Agustus, Unit 2 Sat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap jaringan narkoba lintas Sumatera. Dalam pengungkapan itu polisi menyita 157 kilogram ganja kering.

Penulis: Desy Selviany
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved