Breaking News:

Sekda DKI Meninggal

Ini Alasan Jenazah Sekda DKI Jakarta Saefullah Tidak Dimakamkan di TPU Khusus Covid-19

Pemprov DKI memiliki alasan tersendiri terkait pemakaman Sekda DKI di makam keluarga dan bukan pemakaman khusus pasien Covid-19 yang telah ditetapkan.

istimewa
Beberapa penggali kubur di TPU Rorotan Cilincing sedang menyiapkan makam untuk Sekda DKI Jakarta Saefullah, Rabu (16/9/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, CILINCING - Pemprov DKI memiliki alasan tersendiri terkait pemakaman Sekda DKI di makam keluarga dan bukan pemakaman khusus pasien Covid-19 yang telah ditetapkan.

Jenazah Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Jalan Sungai Kendal, RT 03/RW 08 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Padahal setiap jenazah yang positif terpapar Covid-19 dimakamkan di lokasi khusus yakni di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur atau TPU Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta Barat.

SEDANG BERLANGSUNG Penghormatan Terakhir Untuk Sekda DKI Saefullah di Balai Kota, Ini Linknya

Menyikapi hal itu Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan pemakaman almarhum Saefullah akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Jika ada pertanyaan kenapa tidak dimakamkan di Pondok Ranggon ataupun Tegal Alur, pertama perlu kita garisbawahi bersama adalah bahwa tata laksana jenazahnya sudah menggunakan sesuai dengan protokol kesehatan,” tegas Sigit, Rabu (16/9/2020).

Prosesi penyalatan jenazah Sekda DKI Jakarta Saefullah dilakukan secara protokol Covid-19, Rabu (16/9/2020)
Prosesi penyalatan jenazah Sekda DKI Jakarta Saefullah dilakukan secara protokol Covid-19, Rabu (16/9/2020) (Warta Kota/Desy Selviany)

Sigit menambahkan, bagian luar dari peti jenazah Saefullah juga sudah melalui proses protokol kesehatan.

Apalagi warga setempat juga telah melakukan berbagai persiapan pemulasaran.

“Kami di sini bersama dengan warga masyarakat mempersiapkan setiap prosesi pemulasaran jenazah nanti sampai dengan pemakaman dan rangkaian tradisinya itu senantiasa memenuhi protokol kesehatan,” kata Sigit.

Selain itu, petugas yang melakukan pemulasaran jenazah nantinya juga akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Hanya petugas pemakaman saja dengan menggunakan APD lengkap,” tegas Sigit.

Covid-19 Bikin Sekda DKI Jakarta Saefullah Gagal Napas dan Akhirnya Meninggal

Sebelumnya diberitakan, Sekda DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Daerah (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (16/9) sekira pukul 12.55 WIB.

Informasi meninggalnya orang nomor tiga di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Chaidir saat dikonfirmasi.

"Iya benar (Sekda DKI Saefullah) meninggal," ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved