Obat Herbal

Dosen IPB University Ciptakan Obat Pelangsing Herbal Prolislim, Tingkat Kepercayaan 95 Persen

Prof Dr Dyah Iswantini berhasil menciptakan ramuan herbal Prolislim berbahan asam gelugur dan rimpang kunci pepet yang dapat menurunkan berat badan.

Humas IPB University
Rimpang kunci pepet, tanaman tradisional untuk ramuan herbal Prolislim, Bogor, Selasa (15/9/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil gemilang.

Prof Dr Dyah Iswantini, sang peneliti, berhasil menciptakan ramuan herbal Prolislim berbahan asam gelugur dan rimpang kunci pepet yang dapat menurunkan berat badan hingga 11,2 persen dalam 12 hari.

Peneliti sekaligus dosen di IPB University, Prof Dr Dyah Iswantini mengatakan, penelitian didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari tahun 2015 sampai dengan 2018.

Video: Alice Norin, Curhat Idap Placenta Previa

Kemudian dilanjutkan pendanaan lanjutan untuk tiga tahun ke depan (2019-2022).

Dari penelitian ini telah menghasilkan luaran produk herbal pelangsing berbasis buah asam gelugur dan rimpang kunci pepet.

 Penusuk Ulama Syekh Ali Jaber Dikabarkan Idap Gangguan Jiwa, Ini Kata Pakar Psikologi Forensik

 Syekh Ali Jaber Jadi Korban Penusukan, Fraksi PKS DPR Ingatkan Urgensi RUU Perlindungan Tokoh agama

"Izin edarnya dari BPOM sebagai obat tradisional (OT) dengan merk dagang 'Prolislim' yang diproduksi oleh mitra industri PT Indofarma Persero Tbk," kata Dyah melalui keterangan pers yang diperoleh ANTARA Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Ia mengatakan, serangkaian penelitian telah dilakukan, meliputi bioprospeksi atau penelusuran sistemik tanaman obat yang berkhasiat sebagai anti obesitas atau pelangsing, uji khasiat ekstrak tunggal dan formula gabungan ekstraknya.

Beberapa tanaman obat Indonesia seperti daun jati belanda, bangle, kemuning, daun asam jawa, asam gelugur, rimpang kencur, lengkuas dan kunci pepet, menurut dia, bisa dimanfaatkan sebagai anti obesitas dengan pendekatan penentuan daya inhibisinya terhadap enzim lipase pankreas secara in vitro.

Peneliti sekaligus dosen di IPB University, Prof Dr Dyah Iswantini
Peneliti sekaligus dosen di IPB University, Prof Dr Dyah Iswantini (lppm.ipb.ac.id)

 IPW Nilai Ada Pihak yang Mau Mengadu Domba Anies dan Jokowi, Lewat PSBB di Jakarta

Dan hasil penelitian yang ia lakukan menunjukkan bahwa formula pelangsing berbasis kunci pepet dan asam gelugur mampu menurunkan bobot badan hewan coba sebesar 11.22 persen selama 12 hari.

Formula tersebut menunjukkan tidak toksik berdasarkan uji toksisitas akut.

Hasil penelitian anti obesitas tersebut telah memperoleh penghargaan dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi, RI bekerja sama dengan Business Innovation Center (BIC) sebagai salah satu dari 103 Inovasi Paling Prospektif Indonesia pada tahun 2011.

Selain itu formula pelangsing yang telah didaftarkan oleh tim peneliti untuk melindungi hak kekayaan intelektual penemu itu juga berhasil memperoleh anugerah paten, yaitu Sertifikat Paten Formula Ekstrak Asam Gelugur dan Kunci Pepet sebagai Pelangsing pada 4 Juni 2018.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved