Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Benyamin Davnie Akui Kamar Perawatan Covid di Tangsel Penuh

"Memang sekarang mau tidak mau 12 RS (Rumah Sakit) dan satu RSUD yang ada di Tangsel yang kita jadikan rujukan covid-19 dengan kapasitas tempat tidur

Penulis: Rizki Amana | Editor: Ahmad Sabran
Warta Kota/Rizki Amana
Gedung Rumah Lawan Covid-19 (RLC) Kota Tangsel terletak di kawasan pertanian terpadu Tandon Ciater, Serpong. 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Tren kasus penularan infeksi covid-19 di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami peningkatan dalam dua pekan terakhir. 

Merujuk laman https://lawancovid19.tangerangselatankota.go.id mencatat tren kenaikan kasus signifikan, yakni terhitung sejak tanggal 1 - 14 September 2020 sebanyak 85 kasus. 

Tren peningkatan kasus penularan covid-19 itu terbagi dalam tiga klasifikasi, yakni suspect sebanyak 3.146 kasus, probable sebanyak 1 kasus, dan terkonfirmasi sebanyak 880 kasus. 

 Ojol-Opang Boleh Angkut Penumpang Selama PSBB Jakarta Total, Bakal Dilarang Kalau Masih Berkerumun

Meningkatnya tren kasus tersebut berimbas terhadap penuhnya kapasitas fasilitas kesehatan rujukan khusus covid-19 di Kota Tangsel.

"Memang sekarang mau tidak mau 12 RS (Rumah Sakit) dan satu RSUD yang ada di Tangsel yang kita jadikan rujukan covid-19 dengan kapasitas tempat tidur 223 itu relatif sekarang penuh, sampai kita rujuk ke Wisma Atlet," kata Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie saat ditemui di Cilenggang, Serpong, Tangsel, Senin (14/9/2020).

Pria yang akrab disapa Ben ini menuturkan kendati mulai padatnya beberapa rumah sakit (RS) rujukan, pihaknya masih memiliki tempat isolasi dan perawatan medis di Rumah Lawan Covid-19 (RLC) Kota Tangsel.

Menurutnya RLC Kota Tangsel masih memiliki kapasitas yang mencukupi untuk menangani pasien terpapar virus corona. 

 Sudin Ketenagakerjaan Sidak Kantor di Jakarta Barat, Perusahaan 11 Sektor Kena Sidak

Namun, kategori pasien yang dapat ditangani RLC Kota Tangsel terkategori tanpa pemberatan serta tidak memiliki fasilitas yang mencukupi untuk mengisolasi diri.

"RLC kita dari 155 kapasitas kamar tidur sekarang terisi 26, kalau pun nanti positif, kita rawat dulu di RLC dan kalau dari situ harus dirujuk makan akan kita lakukan rujukan. Memang penuh sekarang RS termasuk ICU juga," jelasnya. (m23)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved