Jelang Jabatan Wali Kota Airin Berakhir, Dua Rumah Sakit Baru di Kota Tangsel Siap Dioperasikan

Dua pembangunan rumah sakit (RS) di kawasan Pakulonan, Serpong Utara dan Pondok Betung, Pondok Aren rampung didirikan pada akhir tahun 2020 ini.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Mohamad Yusuf
Warta Kota/Rizki Amana
Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Balai Kota Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt Kadinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Deden Deni mengatakan pihaknya bakal mengoperasikan dua gedung rumah sakit pada tahun 2021.

Sebab, dua pembangunan rumah sakit (RS) di kawasan Pakulonan, Serpong Utara dan Pondok Betung, Pondok Aren rampung didirikan pada akhir tahun 2020 ini.

Menurutnya penambahan gedung RS tercatat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJMD) di bawah kepemimpinan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

 Tim Indonesia Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020, ini 3 Alasan Utamanya

• Bebas Setelah 2 Tahun Mendekam di Lapas Cipinang, ini Perjalanan Kasus Idrus Marham

"Sesuai dengan RPJMD diakhir kepemimpinan Bu Wali dengan target penambahan dua rumah sakit hari ini sedang berproses sedang dalam tahapan finishing selesai fisikal akhir tahun ini," kata Deden kepada Wartakotalive.com saat ditemui di Kantor Dinkes Kota Tangsel, Serpong, Senin (14/9/2020).

"Tahun depan kita bisa launching terpenuhi SDM dan peralatannya, mudah-mudahan di akhir kepemimpinan Bu Wali sudah bisa dioperasionalkan rumah sakit baru itu," tambahnya. 

Deden menjelaskan, dua rumah sakit baru yang sedang menjalani tahap perampungan bangunannya bakal dilabel dengan kelas tipe C.

 10 Tahun Menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, ini Kekayaan Tri Rismaharini

• PSBB Jakarta Diterapkan Kembali, Ini Daftar Lengkap Ketentuan di Bandara

Penambahan fasilitas pelayanan kesehatan itu nantinya dapat berimbas terhadap peningkatan kelas RSUD Kota Tangsel.

Sebab, sarana dan prasaranan maupun Sumber Daya Manusia yang dimiliki RSUD Kota Tangsel dapat meningkatkan akreditasinya dari tipe C menuju tipe B.

"Dengan sistem mekanisme rujukan berjenjang ditambah sekarang kita lagi sedang membangun rumah sakit tipe C di Pondok Aren dan Pakulonan. Jadi rumah sakit yang kita punya hari ini gedung ketiga sudah terbangun, SDM sudah terpenuhi menjadi tipe B (RSUD Kota Tangsel-red) dan dua rumah sakit tadi tipe C," jelas Deden.

"Jadi rujukannya jelas ada yang dari Puskesmas tipe C kita punya, ya Insya Allah kalau tidak ada halangan tahun depan sudah naik ke tipe B," tandasnya. (m23)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved