Breaking News:

Kabar Artis

Bisnis Fashion Terpuruk Akibat Covid-19, Eema Assegaf Mencoba Bertahan dengan Usaha Kuliner

Perempuan lulusan Sekolah Mode Esmod dan Susan Budiardjo di tahun 2004 juga membuka kursus desain bagi sejumlah remaja putri.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Fatimah Assegaf alias Eema Assegaf 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Industri kreatif, khususnya jagat fashion, salah satu sektor yang merasakan dampak dari pandemi virus corona (Covid -19) yang hingga kini belum kunjung mereda.

Fatimah Assegaf atau karib disapa Eema Assegaf (35), merupakan satu dari segelintir perancang busana yang bertahan hingga kini.

Eema mengaku dalam kondisi sekarang pemasukannya tertolong dengan usaha kuliner yang dijalaninya sejak 2019, yakni restoran 69StreetCafe dan catering Dapur 69.

Sehingga, katanya dapurnya tetap bisa ‘ngebul’ di tengah pandemi saat ini.

"Dalam kondisi seperti ini desainer mana yang tidak terpuruk. Semua pada banting setir jualan makanan kan? Alhamdulillah, sebelum pandemi saya udah nyambi jualan makanan Timur Tengah," kata Eema kepada Wartakotalive.com baru-baru ini.

Olla Ramlan Rasakan Dampak Besar Covid-19, Omzet Bisnisnya Terjun Bebas

Meski demikian, agar tetap bisa bertahan perempuan berdarah Arab ini pun harus memutar otak untuk bisa menjalankan bisnisnya tersebut.

"Seperti kita tahu, pesta pernikahan stop sama sekali. Mau tidak mau saya harus putar otak. Saya harus menghidupi 12 karyawan dan keluarga. Tidak ada karyawan yang saya PHK sampai saat ini," ucap Eema.

Terkait usaha kulinernya, meski tidak pernah belajar memasak secara khusus,
Eema mengaku mengolah sendiri semua makanan yang dijualnya itu.

"Semua belajar secara otodidak aja. Kalau saya lagi jenuh membuat rancangan atau lagi stuck saya pilih memasak. Itu bisa buat release stress. Banyak yang bilang masakan saya enak, akhirnya saya berani jual dan terima pesanan. Ada juga client yang pesan baju sekaligus pesan makanannya. Ya, sambil menyelam minum air lah," katanya.

Perjuangan Warga Weninggalih Jonggol Tempuh Jarak Ratusan Meter untuk Mendapatkan Air Bersih

Chef Marinka Langsungkan Pernikahan di Masa Pandemi, Dipersunting Bule Asal Inggris

Fatimah Assegaf alias Eema Assegaf
Fatimah Assegaf alias Eema Assegaf (Warta Kota/Ign Agung Nugroho)

Terkait restoran 69StreetCafe miliknya yang berlokasi di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan itu, sempat tutup dan sudah kembali beroperasional.

"Kemarin pas awal pandemi dan PSBB yang ketat, kita benar-benar close. Nah, sekarang aktif kembali. Dan Alhamdulillah, karyawanku tetap aktif di kafe ini. Nggak ada yang aku cut ya. Alhamdulillah banget,” ujar Eema yang saat ini restorannya juga melayani pemesan menu secara daring (online).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved