Breaking News:

Komite III DPD RI Siap Dukung Kemensos Kawal Implementasi SKB Pemutakhiran Data

Komite III yang membidangi kesejahteraan sosial, mencermati langkah-langkah dan kebijakan Kemensos di bidang pembangunan kesejahteraan sosial.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Humas Kemensos
Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni berfoto bersama Menteri Sosial Juliari P. Batubara usai pertemuan di Kementerian Sosial, Kamis (10/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyatakan kesiapannya mendukung semua program Kementerian Sosial.

DPD RI juga konsern dengan upaya Kemensos dalam penyempurnaan data kemiskinan, yang kini diperkuat dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri terkait percepatan pemutakhiran data.

Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni menyatakan, Komite III yang membidangi kesejahteraan sosial, mencermati dengan seksama langkah-langkah dan kebijakan Kemensos di bidang pembangunan kesejahteraan sosial.

Termasuk upaya keras dan serius Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam mengemban tugas penanganan dampak pandemi dengan penyaluran berbagai bantuan sosial (bansos).

“Kami mendukung langkah-langkah Mensos dalam penanganan dampak pandemi dengan penyaluran berbagai bansos. Langkah beliau cukup responsif dan cepat. Soal pemutakhiran data, kami siap mendukung dan berkomunikasi dengan semua pihak termasuk pemerintah daerah terkait SKB 3 Menteri,” kata Sylviana, di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni berfoto bersama Menteri Sosial Juliari P. Batubara usai pertemuan di Kementerian Sosial, Kamis (10/9/2020).
Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni berfoto bersama Menteri Sosial Juliari P. Batubara usai pertemuan di Kementerian Sosial, Kamis (10/9/2020). (Dok. Humas Kemensos)

Senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta ini menyatakan, sudah berkomunikasi dengan Mensos Juliari dalam pertemuan pimpinan Komite III DPD RI, belum lama ini. Kepada Mensos Juliari, mereka menyampaikan komitmen untuk bersinergi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemensos.

“Beliau menyambut baik. Kami siap memperkuat tugas-tugas Kemensos, termasuk dalam meningkatkan keaktifan daerah dalam pemutakhiran data,” katanya.

Sylviana meyakini, dengan sinergi bersama DPD akan lebih banyak program Kemensos bisa diperkuat, terutama yang berbasis di daerah.

“Kami kan mewakili langsung masyarakat dari daerah. Kami memiliki kemitraan kuat dengan berbagai potensi pembangunan di daerah, apakah itu pemerintah daerah, DPRD-nya, tokoh masyarakat, dan unsur-unsur lainnya. Kami siap menjadi kepanjangan tangan,” kata mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini.

Pemerintah telah menerbitkan SKB terkait percepatan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial oleh pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota. Dengan SKB ini, diharapkan pemutakhiran data makin terjamin dan program penanganan kemiskinan makin tepat sasaran.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved