Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Disperindag Kota Tangsel Bantah Biaya Operasional Pedagang Pasar Ciputat Lebih Mahal

Disperindag Kota Tangsel Bantah Biaya Operasional Pedagang Pasar Ciputat yang Dituding Lebih Mahal. Simak selengkapnya.

Warta Kota/Rizki Amana
Kadisperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana saat ditemui di kawasan Puspemkot Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Ratusan pedagang Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpaksa berpindah lokasi sementara waktu sesuai berjalannya program revitalisasi kawasan tersebut.

Relokasi terjadi bagi para pedagang kios maupun lapak yang berjualan di kawasan Gedung A dan B Pasar Ciputat ke tempat sementara di Plaza Ciputat.

"Jadi rencana untuk revitalisasi Pasar Ciputat memang sudah tertuang di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Tangerang Selatan tahun 2019 sampai 2021, dan akan terlaksana di tahun ini. Dimana tentu sudah melalui dari tahapan Musrenbang, tingkat kelurahan, kecamatan, kota sampai kemudian dilaksanakan dalam APBD tahun 2020," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel Maya Mardiana di Kantor Disperindag Kota Tangsel kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangsel, Ciputat, Kamis (10/9/2020).

VIDEO: Ruben Onsu Beri Sinyal Konser Betrand Peto Akan Ditunda

"Jadi intinya pada saat kita melakukan revitalisasi tentu kan untuk mendapatkan hasil yang optimal, kualitas yang baik perlu dilakukan relokasi pedagang. Kebetulan pedagang di Pasar Ciputat cukup banyak ada 650 pedagang," lanjutnya.

Namun, polemik perpindahan para pedagang terjadi akibat biaya operasional yang dikeluarkan dinilai tak sama dengan tempat dagang sebelumnya.

Maya Mardiana memastikan pihaknya telah menyamakan besaran biaya operasional bagi para pedagang yang terimbas relokasi sementara selama proses revitalisasi masih berjalan.

"Pada saat relokasi kami tidak membebankan biaya untuk menyewa kios maupun lapaknya. Adapun biaya yang memang rutin dikeluarkan pedagang sama dengan di pasar sebelumnya dalam bentuk retribusi adalah biaya operasional bukan biaya sewa," jelas Maya.

PSBB Ketat DKI Jakarta 14 September 2020, Operasional Terminal Menunggu Instruksi Anies Baswedan

"Nah dioperasional ini bisa dilakukan pungutan maupun harian ataupun bulanan, ininyang akan dikonversikan di tempat baru. Jadi pengeluaran yang dikeluarkan pedagang ditempat lama atau tempat baru akan sebanding," sambungnya.

Adapun Maya memastikan biaya operasional para pedagang yang terimbas relokasi belum mengeluarkan biaya tersebut.

Sebab, hingga saat ini proses relokasi masih terus berlangsung sejalan revitalisasi kawasan Pasar Ciputat yang sedang memasuki tahapan awal.

"Jadi sebetulnya mungkin sampai hari ini pun belum ada terkait dengan penarikan itu. Tapi kami berusaha agar pedagang ini tidak mengeluarkan biaya lebih pada saat dilakukan relokasi. Jadi biaya operasional di tempat lama sama dengan di tempat baru," tandasnya. 

Begini Cara Komplotan Begal Kebon Pisang Tanjung Priok Cari Mangsa

Penulis: Rizki Amana
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved