Breaking News:

Bulu Tangkis

PBSI Menunda Simulasi Piala Uber karena Menunggu Hasil Tes Swab

Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memutuskan memundurkan jadwal penyelenggaraan Simulasi Piala Uber 2020.

Dok. Super Ball/Feri Setiawan
Achmad Budiharto, Sekjen PP PBSI menjelaskan soal turnamen antar pemain pelatnas Cipayung 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memutuskan memundurkan jadwal penyelenggaraan Simulasi Piala Uber 2020. Hal itu disebabkan tes Covid-19 yang belum beres.

Semula, simulasi turnamen untuk menghadapi Piala Uber 2020 tersebut diagendakan pada 8-10 September.

Namun, jadwal ini mundur satu hari menjadi 9-11 September 2020.

Keputusan tersebut diambil PP PBSI terkait proses tes Covid-19 yang menjadi salah satu prosedur kesehatan rutin di lingkungan pemusatan latihan nasional (pelatnas) bulu tangkis.

Jika sebelumnya PP PBSI telah melangsungkan empat kali rapid test, kali ini para atlet pelatnas menjalani swab test yang hasilnya lebih akurat.

Pertandingan simulasi Piala Uber ditunda 9-11 September 2020, karena menunggu hasil Swab Test untuk memastikan pertandingan bebas Covid-19
Pertandingan simulasi Piala Uber ditunda 9-11 September 2020, karena menunggu hasil Swab Test untuk memastikan pertandingan bebas Covid-19 (Humas PBSI)

Sesi pertama swab test telah dilakukan pada Jumat (4/9), sedangkan sesi kedua swab test berlangsung, Senin (7/9).

"Kami masih harus menunggu hasil swab test karena pemeriksaannya ada yang baru bisa dilaksanakan pada hari Senin," ucap Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, dilansir dari Badminton Indonesia.

"Jadi, untuk memastikan bahwa yang bertanding dalam kondisi bebas Covid-19, kami butuh waktu satu hari lagi dan harus menunda (memundurkan) simulasi Piala Uber," imbuh Budiharto.

Sesuai prosedur, hasil tes swab baru bisa keluar satu hari setelah melakukan tes.

Artinya, mereka yang baru melakoni tes swab, Senin (7/9), harus menunggu hasil tes keluar, Selasa (8/9).

Tim Uber Indonesia bersama Rexy Mainaky melakukan selebrasi setelah Busanan Ongbamrungphan mengalahkan Li Xuerui dan melaju ke Final Piala Uber 2018
Tim Uber Indonesia bersama Rexy Mainaky melakukan selebrasi setelah Busanan Ongbamrungphan mengalahkan Li Xuerui dan melaju ke Final Piala Uber 2018 (Star Online)

Oleh karena itu, Simulasi Piala Uber 2020 tak mungkin dijalankan dengan jadwal semula.

"Tes swab hari ini melibatkan mereka yang akan bertanding di simulasi Piala Uber. Jadi, kami harus memastikan kondisi mereka terlebih dahulu," tuturnya.

Simulasi Piala Uber 2020 tetap akan dimainkan dalam dua sesi per hari. Sesi pagi dimainkan pada pukul 08.30 WIB, sedangkan sesi sore pada pukul 15.00 WIB.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved