Breaking News:

Berita Internasional

Berkat Mediasi Qatar, Israel dan Hamas Sepakat Menghentikan Saling Serang

Hamas mengusik Israel dengan balon bakar supaya Israel menghentikan blokade atas Jalur Gaza yang sudah berlangsung selama 13 tahun

Penulis: Bambang Putranto | Editor: Bambang Putranto
aljazeera.com
Serangan malam Israel terhadap Hamas di Jalur Gaza 

Wartakota, Jakarta - Kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza mengabarkan telah bersepakat dengan Israel untuk menghentikan saling serang yang sudah berlangsung selama beberapa pekan terakhir.

Kesepakatan penghentian saling serang itu tercapai berkat penengahan yang dilakukan Qatar dan Mesir.

"Setelah berbincang dengan utusan dari Qatar Mohammed el-Emadi tercapai kesepahaman untuk menghentikan ketegangan ini, dan mengakhiri agresi (Israel) terhadap rakyat kami," begitu pernyataan dari kantor pemimpin Hamas Yahya Sinwar, yang dikutip aljazeera.com, Selasa, 1 September 2020.

Belum ada komentar dari pihak Israel tentang pernyataan Hamas tersebut.

Namun diketahui bahwa sejak saling serang Israel-Hamas, utusan dari Mesir juga mondar-mandir di Gaza dan Israel untuk mencarikan jalan bagi penghentian pertikaian itu.

Sejak 6 Agustus lalu Israel hampir setiap hari melakukan serangan dari udara terhadap sasaran milik Hamas di Gaza.

Serangan itu, menurut Israel, sebagai balasan atas serangan yang dilakukan Hamas dengan menggunakan balon bakar atau roket ke wilayah Israel.

Hamas mengusik Israel dengan balon bakar supaya Israel menghentikan blokade atas Jalur Gaza yang sudah berlangsung selama 13 tahun.

Hampir setiap hari orang-orang Hamas melepas balon gas yang menenteng bahan pembakar atau api, ke wilayah bagian selatan Israel.

Setelah gas balon itu habis, balon yang membawa api jatuh di wilayah Israel, dan membakar apa saja yang ditimpa.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved