Breaking News:

PAN Reformasi Diprediksi Bernasib Seperti Partai Rhoma Irama Jika Cuma Andalkan Ketokohan Amien Rais

PAN Reformasi diperkirakan akan kesulitan menjadi besar, jika hanya mengandalkan sosok Amien Rais dalam merebut suara masyarakat.

KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat ditemui di rumah pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (8/20/2018) malam. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - PAN Reformasi diperkirakan akan kesulitan menjadi besar, jika hanya mengandalkan sosok Amien Rais dalam merebut suara masyarakat.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati mengatakan, pembentukan PAN Reformasi sekilas mirip pembentukan PDI Perjuangan saat memisahkan diri dari PDI.

Di mana PDI Perjuangan, kata Wasisto, justru menjadi partai besar karena ketokohan Megawati Sukarnoputri dan juga situasi politik nasional saat itu yang tidak kondusif.

KSAD Minta Maaf dan Berjanji Para Perusak dan Pembakar Mapolsek Ciracas Bakal Disuruh Ganti Rugi

Menurutnya, jika pakai logika itu pada PAN Reformasi, dua syarat, yakni ketokohan populer di semua kalangan dan situasi politik saat ini, tidaklah seperti 1998.

Maka, diragukan partai bentukan Amien Rais bakal seperti PDI Perjuangan.

"Saya agak sangsi PAN Reformasi bisa seperti PDI Perjuangan, karena ketokohan Pak Amien saat ini hanya populer di kalangan konservatif ketimbang semua pihak."

UPDATE Kasus Covid-19 RI 30 Agustus 2020: Pasien Positif 172.053 Orang, 124.185 Sembuh, 7.343 Wafat

"Selain itu pula lahirnya partai bukan pula merespons situasi nasional, namun lebih pada perpecahan elite internal," papar Wasisto saat dihubungi di Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Oleh sebab itu, Wasisto menyebut harus ada strategi politik PAN Reformasi yang benar-benar dapat merebut suara masyarakat, tanpa hanya mengandalkan Amien Rais.

"Kalaupun hanya mengandalkan ketokohan Pak Amien, PAN Reformasi ini diperkirakan akan kurang lebih senasib dengan PBB (Yusril Ihza Mahendra), PBR (Zainuddin MZ), dan Partai Idaman (Rhoma Irama)," ulas Wasisto.

Selain Dipidana, KSAD Tegaskan Prajurit TNI AD yang Rusak dan Bakar Mapolsek Ciracas Bakal Dipecat

Wasisto pun melihat, kader-kader PAN diperkirakan tidak banyak yang akan pindah ke PAN Reformasi, kecuali pihak-pihak yang merupakan loyalis Amien Rais tersebut.

"Saya pikir tidak (gerus suara PAN), PAN Reformasi ini sepertinya lebih mencari basis pemilih muda Muhammadiyah."

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved