Breaking News:

Pilkada Serentak

Awasi Pencocokan Data Pemilih, Berikut Ini Hasil Temuan Bawaslu Kota Depok

Bawaslu Depok mengawasi jalannya pencocokan dan penelitian data pemilih pada Pilkada Depok 2020.

WARTA KOTA/VINI RIZKI AMELIA
Ketua Bawaslu RI, Abhan berfoto bersama jajaran Bawaslu Jabar dan Depok saat mengecek kesiapan ujian CAT Pamwascam Bawaslu Depok di SMA Muhammadiyah 2, Beji Timur, Depok, Jumat (13/12/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok mengawasi jalannya pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pilkada Depok 2020.

Pengawasan berlangsung selama masa pencocokan dan penelitian data pemilih dari 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 dan hasilnya sudah direkap.

Pengawasan Coklit yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Depok dan jajaran Panwas Kecamatan serta Panwas Kelurahan menggunakan metode pengawasan langsung dan tidak langsung.

Bawaslu Kota Depok juga melakukan audit dan analisis secara sampling berdasarkan tempat pemungutan suara (TPS) rawan yang telah disusun pada saat rapat persiapan pengawasan sebelum tahapan dimulai.

KPU Kota Depok Ingatkan Anggotanya Tak Boleh Langgar Kode Etik di Pilkada Depok

Komisioner Bawaslu Kota Depok Divisi Pengawasan, Hubungan Antarlembaga Dede Selamet Permana mengatakan, pihaknya membuka posko pengaduan data pemilih di tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan dalam rangka menjaga hak pilih warga.

Pengawasan fokus pada prosedur dan tata cara coklit, pengawasan pada potensi pelanggaran, serta penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Bawaslu Kota Depok mendapati 13 temuan perihal joki PPDP, PPDP berstatus kader Parpol, PPDP yang tidak menjalankan prosedur dan tata cara sesuai ketentuan, PPDP yang ditolak warga dan PPDP yang tak mengindahkan protokol kesehatan Covid-19," kata Dede kepada wartawan, Jumat (28/8/2020)

Adapun kecamatan dengan temuan terbanyak yaitu Kecamatan Pancoran Mas dan Bojongsari.

Bawaslu Depok Pastikan Kasus Pelantikan ASN di Pemkot Depok Tak Langgar Aturan

Sedangakan zero temuan ada pada Kecamatan Sawangan, Cilodong dan Cipayung.

Diantara semua temuan yang ada, seperti rumah yang tidak diperiksa, kata Dede merupakan temuan hasil audit pada hari terakhir coklit.

Halaman
123
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved