Breaking News:

Berita Jakarta

Komunitas Pesepeda Brompton Tolak Usulan Anies Road Bike Masuk Jalan Tol Dalam Kota

Ketua Bogas Chriswanto mengatakan, pihaknya sangat menghargai upaya Pemprov DKI dalam memanjakan pesepeda untuk mengurangi kemacetan.

Istimewa
Komunitas Bogas (Brompton Owners Kelapa Gading dan sekitarnya) saat gowes bersama. Bogas tidak setuju road bike masuk jalan tol dalam kota. 

WARTAKOTALIVE.COM, KELAPAGADING - Komunitas Bogas (Brompton Owners Kelapa Gading dan sekitarnya) tidak setuju dengan usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menginginkan sepeda masuk jalan tol dalam kota.

Ketua Bogas Chriswanto mengatakan, Bogas sangat menghargai upaya Pemprov DKI Jakarta dalam memanjakan pesepeda untuk mengurangi kemacetan serta demi langit yang biru.

Namun demikian, usulan agar sepeda jenis road bike diperbolehkan masuk jalan tol dalam kota sangat tidak beralasan.

Video: Pemprov DKI Tiadakan 32 Jalur Khusus Pesepeda

Pasalnya, keselamatan para pesepeda menjadi ancaman tersendiri.

“Dari segi keselamatan rasanya space tidak mungkin dibuat jalur khsus sepeda yang terpisah dengan aman seperti Tol Suramadu,” katanya, melalui keterangan tertulis, Kamis (27/8/2020).

Selain itu apabila ada kendaraan seperti truk yang mogok, tentunya akan membuat kemacetan luar biasa akibat bottle neck jalur yang jadi sempit seiring kebijakan sepeda masuk jalan tol.

 Megawati: Kalau Saya Dengar Ada Kader yang Melakukan Kekerasan pada Perempuan, Saya Pecat

 Kasus Penembakan di Kelapa Gading, Eksekutor Sempat Nongkrong di Warung Depan Ruko Korban

Chriswanto mengatakan, kebijakan tersebut juga dapat menimbulkan kecemburuan sosial. Pasalnya pesepeda belakangan mendapatkan banyak keistimewaan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Dengan jalur sepeda yang semakin masif pertumbuhannya belakangan ini saja, banyak pemotor yang antipati terhadap pesepeda,” ungkap Chriswanto.

Ditambah lagi dari segi ekonomi, pengurangan satu ruas jalan tol berarti mengurangi kapasitas muat kendaraan roda empat atau lebih di jalan tol yang berarti berkurangnya pendapatan.

Halaman
1234
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved