Breaking News:

Tol Trans Sumatera

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Diresmikan Jokowi, Tol Pertama Bumi Serambi Mekkah Ini Gratis 1 Bulan

Tol sepanjang 14 kilometer ini merupakan tol pertama di Bumi Serambi Mekkah dan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Biro Pers/Setpres - Laily Rachev
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 di Aceh, Selasa (25/8/2020). Ini merupakan jalan tol pertama di Bumi Serambi Mekkah dan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDA ACEH - Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (25/8/2020).

Tol sepanjang 14 kilometer ini merupakan tol pertama di Bumi Serambi Mekkah dan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Dalam siaran pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden berharap agar pembangunan jalan tol perdana di provinsi tersebut nantinya dapat memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Bumi Serambi Mekkah dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Di sisi lain, Jokowi juga menuturkan, Indonesia sedang berada dalam situasi pandemi Covid-19, namun pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas karena posisi infrastruktur di Indonesia yang masih cukup tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain.

“Ketertinggalan infrastruktur ini berdampak pada biaya logistik yang menjadi lebih mahal, sehingga menyebabkan daya saing kita tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara tetangga,” kata Jokowi.

Punya 1 Gerbang Tol dan 2 Tempat Istirahat, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Siap Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Pertama di Aceh

Ruas Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
Ruas Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Dok. Hutama Karya)

JTTS, Efisiensi waktu tempuh 53 jam

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit bagi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

JTTS yang menyambungkan Aceh sampai ke Lampung dengan total panjang 2765 kilometer, diharapkan akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra.

Selain itu, juga dapat meningkatkan efisiensi waktu tempuh menjadi 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini.

Harga Rp 2,4 Jutaan, Oppo A53 Triple Camera Punya Fitur Kelas Flagship, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Harga Rp 1 Jutaan, Realme C12 Triple Camera Andalkan Baterai 6.000 mAh, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Jokowi menekankan, yang paling penting adalah keberadaan jalan tol ini dapat meningkatkan multiplier effect dua sampai tiga setelah selesai dibangun pada 2024, serta menyerap tenaga kerja hingga 296.000 orang untuk total 18 ruas.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi progres pembebasan lahan yang cukup pesat pada proyek pembangunan JTTS ruas Sigli-Banda Aceh.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved