Breaking News:

ILC TV One

Boyamin Saiman Sebut Kerugian Besar Kebakaran Kejagung Banyak Dokumen Rahasia Ikut Hilang

Kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia Boyamin Saiman di ILC TV One mengatakan bahwa tidak mungkin gedung Kejaksaan Agung terbakar.

Editor: Dian Anditya Mutiara
Youtube ILC TV One
Boyamin Saiman sebut banyak dokumen penting ikut terbakar di Kejaksaan Agung 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia Boyamin Saiman di ILC TV One mengatakan bahwa tidak mungkin gedung Kejaksaan Agung terbakar.

"Saya bicara dengan orang PLN kebakaran di Kejagung tidak wajar yang kemudian hebatnya membakar semuanya. Secara elektrikal PLN menganggap itu tidak wajar," tutur Boyamin, Selasa (25/8/2020)

Kalau dibilang penyebabnya konslet  listrik saja api tidak mungkin akan cepat menjalar.

"Semestinya listrik mati semua jadi tidak menjadi pemicu kebakaran yang lebih hebat lagi. Itu kata orang PLN tidak konslet, jadi harus ada pemicu lain untuk menjalarnya api," jelasnya seperti dikutip Wartakotalive.com dari Youtube ILC TV One.

Cari Penyebab Kebakaran, Polisi Fokus Menyisir Lantai 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung

Bonyamin Saiman pun belajar dari temannya di kepolisian, apapun nanti pasti bisa ditemukan titik nol awal kebakaran di Gedung Kejaksaan itu.

Apakah ada pemicu lain, imbuh Bonyamin, seperti adakah heather di seluruh ruangan sehingga meletus berbarengan itu pasti akan ketahuan dan kalau ini sabotase pasti ketahuan.

Dan Bonyamin dalam hal ini belum bisa jadi detektif bakar membakar

"Lewat ILC saya minta polisi menyelidiki dugaan hilangnya rahasia negara karena ada beberapa dokumen negara. kalau berkaitan dengan sabotase dan tidak itu masuk, tapi setidaknya rahasia negara bisa sengaja atau akibat lalai maka akan lebih mudah melakukan proses penyelidikan," tuturnya.

Tak Ingin Kantor Polisi Kebakaran Seperti Gedung Kejaksaan Agung, Kapolri Keluarkan 5 Instruksi

"Apa yang Anda maksud rahasia negara? berkas negara?" tanya Karni Ilyas

Boyamin pun menjawab, di gedung Kejaksaan Agung itu terdapat kantor Jamintel pengawasan terhadap aliran kepercayaan, pengawasan terhadap buku komunis dan juga berkaitan dengan fungsi intelijen negara dengan hukum dan telah dugaan  korupsi, tindak pidana makar.

Petugas berusaha memadamkan api membakar gedung Kejaksaan Agung di Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020). Warta Kota/Alex Suban
Petugas berusaha memadamkan api membakar gedung Kejaksaan Agung di Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020). Warta Kota/Alex Suban (Warta Kota/Alex Suban)

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved