Virus Corona

Politikus PDIP: Pemimpin Saja Tidak Melakukan Protokol Kesehatan, Gimana Mau Memerintah?

Foto para menteri Kabinet Indonesia Maju beredar viral di media sosial, karena berpose bersama tanpa menggunakan masker dan tak menjaga jarak.

Editor: Yaspen Martinus
ISTIMEWA
Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju berpose tanpa jarak dan tak mengenakan masker, saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) 2020 di Bali, 21-22 Agustus 2020. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Foto para menteri Kabinet Indonesia Maju beredar viral di media sosial, karena berpose bersama tanpa menggunakan masker dan tak menjaga jarak.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP Rahmad Handoyo mengatakan, kejadian tersebut harus dijadikan pelajaran bersama bagi semua pihak.

"Meskipun sudah dilakukan suatu klarifikasi terkait foto yang viral itu, mereka sudah dinyatakan steril, sudah dinyatakan tes PCR dan negatif semua."

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju berpose tanpa jarak dan tak mengenakan masker, saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) 2020 di Bali, 21-22 Agustus 2020.
Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju berpose tanpa jarak dan tak mengenakan masker, saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) 2020 di Bali, 21-22 Agustus 2020. (ISTIMEWA)

"Tetapi ini kan sudah menjadi persepsi publik gitu ya, di mata rakyat itu adalah hal yang kurang bijak, kurang pantas," ujar Rahmad ketika dihubungi Tribunnews, Senin (24/8/2020).

Rahmad menegaskan, ada masyarakat yang tidak mendapatkan informasi perihal klarifikasi pemerintah akan foto tersebut, karena tidak membaca atau mendengar berita.

Sehingga, diharapkan pemerintah mengedepankan asas kehati-hatian hingga evaluasi terhadap masalah ini.

Viral Menteri Jokowi Berpose Tanpa Jarak dan Tak Bermasker, PKS: Pemerintah Langgar Aturan Sendiri?

Menurutnya, penanganan Covid-19 ini butuh kerja sama, gotong royong, dan tanggung jawab semua pihak, salah satunya para menteri itu sendiri.

"Dalam hal ini juga butuh keteladanan. Meskipun kita sadari itu sudah steril ya, dinyatakan tidak ada Virus Corona, tapi ini kan masalah persepsi publik."

"Bahwa fungsi keteladanan itu dibutuhkan dalam rangka untuk diikuti masyarakat."

Fadjroel Rachman: Tak Ada Reshuffle Kabinet, yang Diperlukan Kerja Cepat, Keras, dan Inovatif

"Tetap dilakukan foto bersama ya silakan, tapi tetap menggunakan protokol kesehatan," kata dia.

Berdasarkan foto yang beredar viral, masyarakat dapat berasumsi para menteri sudah jauh dari penerapan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, Rahmad mengimbau kejadian serupa jangan sampai terulang kembali.

Gedung Kejaksaan Agung Kebakaran Hebat, Kapuspenkum: Namanya Musibah

Menurut politikus asal Boyolali, Jawa Tengah itu, rakyat berhak melakukan penilaian kepada pemimpin-pemimpinnya.

"Pemimpin saja tidak melakukan protokol kesehatan, gimana mau menyuruh, bagaimana mau memerintah?"

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved