Virus Corona Jabodetabek

Warga Depok Diimbau Gunakan Masker Kain untuk Cegah Penularan Covid-19 Melalui Air Liur

Kepala Dinas Kesehagan (Dinkes) Kota Depok Novarita mengatakan penggunaan masker saat ini masih dalam kewajiban yang harus dilakukan masyarakat.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Andy Pribadi
Wartakotalive/Budi Sam Law Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mencopot masker yang dipakai anggotanya, karena masker tidak seragam atau tidak sesuai ketentuan dengan yang sudah ditetapkan, saat apel di depan Gedung Ditsamapta Polda Metro Jaya, Selasa (18/8/2020). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Vini Rizki Amelia

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kepala Dinas Kesehagan (Dinkes) Kota Depok Novarita mengatakan penggunaan masker saat ini masih dalam kewajiban yang harus dilakukan masyarakat.

Tentunya, hal ini disebabkan masih bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di Kota Belimbing itu.

Nova pun mengatakan, warga yang terpaksa melakukan aktivitas di luar rumah harus bersedia menggunakan masker demi menekan penyebaran Covid-19 di tanah air khususnya di Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita. (Warta Kota/Gopis Simatupang)

Masker, kata Nova, efektif mencegah penularan Covid-19 melalui percikan air liur pada saat bersin, batuk, bahkan saat berbicara.

“Penularan terjadi ketika percikan air liur terhirup orang lain, maka sangat disarankan untuk selalu menggunakan masker saat di luar rumah,” papar Nova saat dihubungi Warta Kota, Minggu (23/8/2020).

Masker yang digunakan pun memiliki ragam yang dapat dipilih masyarakat..

Diantaranta masker kain yang kini mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau.

Nova mengatakan masker kain dapat menghalau sebagian percikan air liur yang keluar baik pada saat berbicara, bersin, batuk, ataupun menghela napas.

Masker kain dengan bahan katun kerapatannya lebih baik dengan minimal dua lapis. Penggunaannya harus diganti tiap empat jam.

Selain masker kain, ada juga masker bedah yang dikatakan Nova merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas.

Masker bedah lebih efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur.

“Ada juga masker N95 yang efektif mencegah penularan Covid-19 secara aerosol atau uap udara,"

"Masker yang cenderung lebih mahal ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liur saja. Namun juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus,” ujarnya.

Terakhir, Novarita menegaskan, semua jenis masker sangat efektif mencegah penularan Corona.

Tentunya tetap harus mengetahui cara pemakaian dan pastikan selalu mencuci tangan setiap usai melakukan atau menyentuh benda, terutama di tempat umum.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved