Breaking News:

Berita Jakarta

Viral Foto Bareng Ketua MA, DPR: Praperadilan Anita Kolopaking Harus Independen

Viral Foto Bareng Ketua MA, DPR: Praperadilan Anita Kolopaking Harus Independen

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Jaksa Pinangki Sirnamalasari berfoto bersama Anita Kolopaking (pengacara) dan Buronan Djoko Tjandra 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Viral Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin sempat viral bareng Anita Kolopaking, Anggota Komisi III DPR, Nasir Djamil meminta hakim tidak mengintervensi proses sidang praperadilan yang diajukan Anita Dewi Kolopaking di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

“Saya yakin para hakim yang bersidang dalam praperadilan itu tetap akan independen dan tidak bisa diintervensi,” kata Nasir pada Minggu (23/8/2020).

Menurut dia, hakim yang memproses praperadilan Anita Kolopaking tidak mungkin terpengaruh oleh tekanan dari mana pun termasuk Mahkamah Agung. 

Karena, praperadilan yang melibatkan orang Mahkamah Agung pun sering kalah. 

Jadi, menurutnya tidak ada tradisi di Mahkamah Agung mengintervensi.

Persiapan Persija Jakarta di Liga 1 2020: Pelatih Puas Lihat Kondisi Pemain

“Beberapa kasus praperadilan yang melibatkan orang dalam Mahkamah Agung saja sering kalah, apalagi Anita Kolopaking. Sejak Pak Hatta Ali (mantan Ketua MA) hingga Pak Syarifuddin, keduanya tidak pernah mengintervensi kasus yang ditangani para hakim,” ujarnya.

Di samping itu, Nasir menambahkan Anita Dewi Kolopaking sah-sah saja mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Sebab, praperadilan merupakan hak setiap warga negara Indonesia.

Data Kasus Virus Corona Meningkat Tajam Menjadi Alasan PSBB di Tangerang Raya Diperpanjang

“Setiap warga negara memiliki hak hukum untuk mengajukan praperadilan karena menganggap ada perlakuan dari penegak hukum yang tidak sesuai dengan hukum, baik materiil maupun formil,” ujar Anggota Fraksi PKS ini.

Diberitakan sebelumnya, Anita Kolopaking mengajukan gugatan praperadilan karena keberatan ditahan oleh penyidik Bareskrim Polri selama 20 hari. 

Sebab, Anita sudah menjadi tersangka kasus pemalsuan surat yang diterbitkan Brigjen Prasetijo Utomo terkait perjalanan Djoko Soegiarto Tjandra.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno mengatakan sidang perdana praperadilan Anita Kolopaking akan digelar pada Senin, 24 Agustus 2020 sekitar jam 10.00 WIB. 

Sidang praperadilan akan dipimpin oleh hakim tunggal Achmad Sayuti.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved