Breaking News:

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Pria

Hasil penelitian di laboratorium terhadap tikus dan kelinci menunjukkan daun kelor dapat menghambat perkembangan sel kanker prostat.

Penulis: | Editor: AC Pinkan Ulaan
Kompas.com
Daun kelor. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama yang sudah setengah baya ke atas, mengenal daun kelor sebagai daun untuk melunturkan kesaktian seseorang.

Konon, orang-orang yang memiliki jimat atau aji-aji atau susuk, selalu menderita saat meregang nyawa. Katanya karena nyawanya tak mulus meninggalkan jasadnya, akibat tertahan jimat atau aji-aji itu.

Pohon kelor (Moringa oleifera) banyak ditemukan di Indonesia.
Pohon kelor (Moringa oleifera) banyak ditemukan di Indonesia. (Warta Kota/AC Pingkan)

Dalam situasi inilah daun kelor dibutuhkan. Konon katanya, dengan mengusapkan beberapa ranting berdaun tumbuhan ini, maka kesaktian jimat atau susuk di dalam tubuh seseorang akan luruh, dan jiwanya bisa pergi dengan bebas.

Itulah mitos yang dipercaya masyarakat sejak dulu kala dan mungkin sampai sekarang. Entah benar atau tidak.

Bagi pria

Ternyata tak hanya orang tua-tua yang percaya "keajaiban" daun kelor ini, sebab orang-orang muda yang modern juga mempercayainya.

Hanya saja, bukan soal keajaiban daun dari pohon bernama latin Moringa oleifera ini di dunia mistis, melainkan manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Karena itu, sebagaimana dilansir laman Healthline, semakin banyak penelitian dilakukan untuk membuktikan bahwa si kelor ini benar-benar tumbuhan super.

Menurut Healthline, beberapa penelitian itu mengkhususkan diri mempelajari manfaat kelor bagi kesehatan pria.

Inilah beberapa hasil penelitian itu:

1. Membantu menjaga kesehatan prostat

Biji dan daun kelor disebutkan kaya akan sebuah mineral bernama glucosinolates, yang di dalamnya terkandung sulfur. Zat ini sekarang sedang diteliti manfaatnya sebagai antikanker.

Riset menggunakan tabung di laboratorium menunjukkan bahwa glucosinolates, yang diekstrak dari biji kelor, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada manusia.

BACA SELANJUTNYA>>>

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved