Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Akan Guyur Bantuan Darurat untuk 9,1 juta pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Para pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Pandemi Covid-19. Mereka adalah pelaku usaha tingkat rumahan.

Biro Pers/Setpres - Muchlis Jr
Para pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari sejumlah wilayah di DKI Jakarta menghadiri penyerahan bantuan di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali menyerahkan secara langsung bantuan modal kerja bagi para pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari sejumlah wilayah di DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta pUSAT, pada Rabu (19/8/2020).

Dalam siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Wartakotalive.com, Presiden mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mulai menyerahkan bantuan modal kerja bernama Banpres Produktif kepada 9,1 juta pelaku usaha mikro dan kecil dari seluruh Indonesia untuk tambahan modal kerja yang dapat meringankan beban di kala pandemi ini.

Dukung Penuh UMKM, AP II Beri Diskon 50 Persen Biaya Sewa di Bandara dan Siapkan Program Khusus  

Maksimalkan Komunikasi Demi Kesuksesan Bisnis, Inilah 5 Hal yang Perlu Diketahui Pelaku UMKM

"Pemerintah minggu depan akan membagikan yang namanya modal kerja darurat, namanya Banpres (Bantuan Presiden) Produktif, kepada 9,1 juta pengusaha kecil dan mikro. Sekali lagi akan dibagikan kepada 9,1 juta pedagang, pengusaha kecil dan mikro. Untuk apa? Untuk tambahan modal kerja kepada usaha-usaha kecil," ujarnya.

"Bapak/ibu semua kita undang di sini ini mengawali terlebih dahulu sebelum pembukaan besarnya nanti minggu depan untuk yang 9,1 juta pengusaha di seluruh Tanah Air akan dikirim lewat transfer semua," imbuh Presiden.

Bakal Disediakan Stan, Pelaku UMKM di Kota Depok Nanti bisa Berjualan di JPO Selamat Datang

Komunitas Netizen di Medsos, Gelar Pasar Murah Produk UMKM di Cibubur

Sebanyak 71 pelaku usaha mikro dan kecil hadir untuk menerima bantuan modal kerja darurat sejumlah Rp2,4 juta tersebut dalam penyerahan bantuan petang ini.

Mereka terbagi atas dua sesi untuk mencegah kerumunan dan sebagai upaya penerapan protokol kesehatan.

Wiwi Pertiwi, seorang pedagang kecil asal Jakarta Pusat mengaku bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia membuat pendapatannya turun berkali lipat.

Unilever Indonesia Gencar Lakukan Digitalisasi Mitra UMKM, Simak 3 Program Digitalisasi Ini

Tepat 17 Agustus, 9 Juta UMKM di Indonesia akan Dapat Bantuan Modal, Ini Persyaratannya

"Saya ini tadinya pedagang rumahan, kelontong kecil-kecilan. Sebelum Covid saya dagang pulsa juga, kopi, dan indomie. Sebelum Covid itu omzet saya lumayan, sehari saya bisa dapat Rp700 ribu sampai Rp1 juta. Tapi setelah Covid omzetnya turun drastis. Saya sehari itu bisa dapat uang Rp100.000 saja sudah bersyukur. Minim banget," tuturnya.

"Tapi alhamdulillah saya dapat kabar baik kemarin, katanya saya dipanggil ke Istana untuk terima bantuan. Terima kasih banyak Bapak Jokowi untuk bantuan ini semoga usaha saya bisa berjalan kembali lancar dan Bapak sehat selalu bersama keluarga," ucapnya menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menjelaskan bahwa penurunan ekonomi sebagaimana yang dirasakan para pelaku usaha mikro dan kecil tersebut juga dirasakan oleh pelaku usaha besar lainnya juga oleh sebagian besar negara lainnya.

"Keadaannya memang seperti itu dan itu dialami oleh semua negara. Semuanya memang terkena pandemi ini. Memang ini sebuah cobaan dan ujian untuk kita bersama, tetapi saya meyakini insyaallah kalau kita kerja keras kita akan bisa lepas dari ujian dan cobaan yang diberikan kepada kita," kata Presiden.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan modal kerja tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.


Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved