Breaking News:

Liga 1

Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro, Kenang Henk Wullems

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems, meninggal dunia pada Sabtu (15/8). Kabar itu membuat duka Pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro.

Warta Kota/Rafsanjani Simanjorang
Widodo Cahyono Putro, pelatih Persita Tangerang. 

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems, meninggal dunia pada Sabtu (15/8). Juru taktik asal Belanda itu pernah menangani skuad Merah Putih pada 1996 sampai 1998.

Kabar duka itu membuat Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro, sedih. Sebab, dia pernah dilatih Henk Wullems saat memperkuat timnas di SEA Games 1997.

Menurut Widodo, Henk Wullems merupakan sosok pelatih yang tegas dan sangat bersahabat dengan para pemain. Bahkan, Henk Wullems jadi inspirasinya saat melatih.

“Henk Wullems adalah sosok pelatih yang tegas dan friendly. Dia bisa diajak diskusi dan orang yang menjadi inspirasi saya dalam melatih,” kata Widodo dikutip dari Tribunnews.com.

“Menurut saya, dia adalah pelatih taktis yang bisa mengubah plan A ke B dengan cepat," ujar Widodo.

Mantan pelatih Bali United dan Sriwijaya FC tersebut menerangkan bahwa ada satu pesan dari Henk Wullems yang tak pernah ia lupakan.

Pesan itu juga menjadi motivasinya saat menjadi pemain hingga menjadi pelatih.

“Dia pernah mengajak saya bicara serius dan meminta saya untuk menikmati profesi di dunia sepak bola. Jika menikmati, bisa mencintai sepenuh hati dan hati terdalam terpuaskan," terang Widodo.

“Dia sudah pernah menjadi bagian dari sepak bola Indonesia, Kami harus respek dengan almarhum. Karakter dia dalam melatih itu yang perlu jadi inspirasi. Pelatih menunjang sebuah tim bisa menjadi juara," papar Widodo.

Henk Wullems lahir di Belanda pada 21 Januari 1936 dan meninggal pada usia 84 tahun di Tilburg, Belanda.

Henk Wullems sukses membawa pasukan Garuda meraih medali perak pada SEA Games 1997.

Di laga final, Indonesia yang bermain imbang dengan Thailand 1-1 harus ditentukan juara melalui adu penalti. Saat adu penalti, Indonesia kalah dari Thailand dengan skor 2-4.

Selain itu, Henk Wullems juga sempat melatih beberapa klub di Indonesia, yakni Bandung Raya (1995-1996), PSM Makassar (1999-2000), dan Bali Persegi FC (2007-2008).

Sebelum ke Tanah Air, Henk Wullems mengawali karier kepelatiihannya dengan menangani NAC Breda pada 1972 sampai 1975. Lalu, dia pindah ke SBV Vitesse dari 1977 sampai 1983.

Karier kepelatihannya berlanjut dengan mengarsiteki Go Ahead Eagles di tahun 1883 sampai 1986. Kemudian beralih ke AZ sejak tahun 1990-1993.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Sigit Nugroho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved