Breaking News:

Sport

Legenda Sepakbola Indonesia Pertanyakan Proyek Naturalisasi PSSI untuk Piala Dunia U20

Legenda Sepakbola Indonesia, Robby Darwis mengomentari soal rencana PSSI menaturalisasi beberapa pemain asing untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Persib.co.id
Robby Darwis (kanan) bersama Yadi Mulyadi 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Legenda sepakbola Indonesia, Robby Darwis mengomentari soal rencana PSSI menaturalisasi beberapa pemain asing untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Para pemain asing yang dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia untuk Piala Dunia U20 2021.

Sebelumnya, pengamat sepakbola nasional, M Nigara membeberkan proyeksi tersebut dalam bincang bola bersama TribunNetwork.

M Nigara mengatakan bahwa  ada lima hingga enam pemain dari Brasil bakal dinaturalisasi untuk  memperkuat Timnas Indonesia.

Jaino Matos Setuju Pemain Muda Brasil Main di Indonesia Tapi Bukan untuk Dinaturalisasi

Cara PSSI Raih Prestasi Piala Dunia U20, Pakai Pemain Muda Naturalisasi ?

Saat ini, sudah ada dua pemain Brasil di bawah 19 tahun masuk dalam skuat Persija dan dua di Arema FC, sementara Madura United akan segera diperkuat pemain dari Brasil.

Dua pemain baru di Persija Jakarta yakni Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irene de Lima.

Aedangkan di Arema FC ada Hugo Guilherme Gorre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli.

“Kalau saya sih ya tidak sangka kalau terlalu banyak pemain naturalisasi, kan belum tentu mereka bisa beradaptasi dengan kultur sepakbola kita," kata Robby Darwis, Kamis (20/8/2020).

"Pemain kita masih mampu lah, kalau ada beberapa yang ditambah itu hal wajar lah, tapi kalau sampai enam naturalisasi, itu justru akan menghambat pemain kita untuk berkembang,” katanya.

Pulang ke Belanda, Calon Pemain Naturalisasi Persija Sempatkan Latihan Bareng Robin van Persie

Tak Dipanggil TC di Jakarta, Bek Naturalisasi Persija Buka Asa Kembali Perkuat Timnas Indonesia

Pria yang kini menjadi pelatih PSKC Cimahi tersebut  membandingkan Timnas Indonesiapada  eranya dulu, Timnas murni orang-orang Indonesia.

Dia berharap, PSSI  tak menerapkan hal tersebut karena akan mematikan kualitas pemain Indonesia yang sebenarnya punya potensi.

“Dulu zaman saya tidak ada tuh naturalisasi-naturalisasi. Semua murni orang Indonesia. Kita bisa dapat medali emas dan perak di SEA Games,." ucapnya

“Apa sudah pasti mereka yang dinaturalisasi akan bagus. Kalau naturalisasi cuma beberapa orang contoh di bek tengah atau striker saja ya tidak apa-apa."

"Tapi jangan sampai enam, nanti pemain-pemain asli Indonesia gimana,” kata Robby Darwis lagi.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved