Berita Jakarta

Sambut Libur Panjang, PT KAI Tambah Perjalanan KA di Stasiun Gambir dan Pasarsenen

Sambut Libur Panjang, PT KAI Daop 1 Jakarta Tambah Perjalanan KA di Stasiun Gambir dan Pasarsenen. Simak Jadwal Selengkapnya

Editor: Dwi Rizki
warta kota
Petugas membentangkan bendera merah putih saat perayaan detik-detik proklamasi di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Senin (17/8/2020). Merayakan HUT ke 75 RI, PT KAI Daop 1 Jakarta ajak penumpang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hormat bendera Merah Putih. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tahun Baru Islam 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis (20/8/2020) sekaligus ditetapkannya cuti bersama pada Jumat (21/8/2020) lewat Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020 berimbas pada peningkatan jumlah penumpang kereta api (KA) periode 19-23 Agustus 2020. 

Peningkatan penumpang tersebut diungkapkan Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa terlihat pada data keberangkatan hari ini, Rabu (19/8/2020), yakni sebanyak 7.800 orang penumpang. 

Jumlah penumpang tersebut katanya bertambah hampir mendekati dua kali lipat jika dibandingkan akhir pekan dua minggu lalu pada Jumat, 7 Agustus 2020, yakni sebanyak 4.100 penumpang. 

Melonjaknya volume penumpang tersebut katanya juga didukung dari sisi jumlah kereta api (KA) yang ditambah jadwal perjalanannya. 

Jika pada Jumat 7 Agustus 2020 menjelang akhir pekan normal, total KA yang dioperasikan sebanyak 14 KA keberangkatan dari wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, yakni Stasiun Gambir dan Pasarsenen. 

Namun, mulai tanggal 14 Agustus 2020 bertepatan dengan libur akhir pekan HUT Kemerdekaan jumlah perjalanan juga ditambah secara bertahap, hingga posisi hari ini 19 Agustus 2020 terdapat 27 perjalanan KA dari area Daop 1 Jakarta.

Aks Joget Para Pejabat Maluku Langgar Protokol Kesehatan dan Menuai Kecaman, Lukai Hati Masyarakat

"Terkait prediksi puncak volume penumpang masa long weekend dari tanggal 19-22 Agustus 2020, berdasarkan data reservasi volume penumpang tertinggi tercatat pada hari ini, Rabu 19 Agustus 2020 dengan jumlah sekitar 7. 800 penumpang," ungkap Eva Chairunisa dalam siaran tertulis pada Rabu (19/8/2020).

Namun, lanj,data tersebut masih dapat berubah mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show 3 jam sebelum keberangkatan untuk tanggal 20-23 Agustus 2020.

HUT ke-75 RI, Polsek Jagakarsa Serahkan Bansos Sekaligus Edukasi Ojol Tentang Protokol Kesehatan

Meski perjalanan KA ditambah dan volume penumpang KA meningkat, namun PT KAI Daop 1 Jakarta tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 baik di area Stasiun dan perjalanan KA di atas KA. 

Seperti, menerapkan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

Calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan KA, diantaranya; Menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). 

Selain itu, Calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. 

Wamena Memanas, Dua Kelompok Warga Saling Serang di Kabupaten Jayawijaya, 10 Rumah Honai Terbakar

Selanjutnya penumpang wajib menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI, Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian KA. 

"Serta dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik," imbuhnya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved