Aksi KKB Papua

Cerita Lengkap TNI-Polri Serbu 3 Markas KKB Papua Sekaligus, Sosok Penyelenggara Perang Ditembak

Aparat gabungan TNI-Polri melakukan penyerbuan ke markas Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua di kawasan Kali Kopi, Kabupaten Mimika.

Editor: Andy Pribadi
Surya.co.id/Tangkapan Layar FB
Ilustrasi: Cerita Lengkap TNI-Polri Serbu 3 Markas KKB Papua Sekaligus, Sosok Penyelenggara Perang Ditembak 

WARTAKOTALIVE.COM, MIMIKA - Aparat gabungan TNI-Polri melakukan penyerbuan ke markas Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua di kawasan Kali Kopi, Kabupaten Mimika.

Penyerbuan jelang HUT Kemerdekaan RI itu, tak tanggung-tanggung yang dilakukan aparat gabungan TNI-Polri.

Mereka langsung menyerbu tiga lokasi yang menjadi markas KKB Papua di sana.

Mendagri Tito Karnavian Siap Tambah Pasukan Jika Masih Kurang untuk Tangkal Teror KKB Papua

Penyerbuan berlangsung pada Minggu (16/8/2020) dan TNI-Polri berhasil menembak mati satu pentolan KKB Papua yang selama ini berperan jadi "penyelenggara perang".

Berikut kronologi penyerbuan tersebut seperti dilansir Kompas dalam artikel 'Satu Pimpinan KKB di Timika Tewas Ditembak Aparat Gabungan'.

1. Serbu 3 sasaran

Pihak Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjelaskan, kronologinya berawal pada Kamis (13/8/2020) tim gabungan TNI-Polri melakukan penyelidikan ke markas KKB Papua Kali Kopi.

Untuk melakukan aksi tersebut, pasukan dibagi menjadi tiga kelompok untuk tiga sasaran, Kali Kopi, Kali Kopi Baru dan markas baru di Amoko.

2. Tembak pentolan KKB Papua

Tim gabungan kemudian melakukan penyisiran di sekitar Kali Kopi dan menemukan lokasi persembunyian pentolan KKB Papua, Hengki Wuamang.

Hengki Wuamang berhasil ditembak mati oleh TNI-Polri saat itu.

Petugas kemudian mengamankan barang bukti di lokasi yakni satu pucuk senjata api laras pendek jericho, satu pucuk laras pendek rakitan, satu pucuk senjata api laras panjang rakitan, 376 butir munisi, uang tunai Rp 22 juta, tiga buah bendera bintang kejora.

Beda Tanggal 1 Juli 2020 Hari Bhayangkara ke-74 dan Hari Kemerdekaan Papua Barat Diklaim KKB Papua

"Kemarin (16/8/2020) pada pukul 06.00 WIT di Kali Kopi, Tim Gabungan melakukan penindakan terhadap anggota KKB Papua di Makodap 3 Timika.

Halaman
1234
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved