Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

MENGENAL Suku Tidung Suku Asli Indonesia-Malaysia, Ada di Pecahan Rp 75.000 dan Dikira Adat China

Mengenal Suku Tidung yang pakaian adatnya kini viral karena dikira pakaian tradisional China, ternyata ada di Malaysia dan Indonesia.

Editor: Suprapto
instagram sanggarnusantara.com
Pengantin berpakaian adat Suku Tidung, Kalimantan Utara. Foto pria berpakaian adat Suku Tidung masuk dalam uang pecahan Rp 75.000 yang diluncurkan pada HUT Ke-75 RI, Senin (17/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Uang pecahan Rp 75.000 yang baru diluncurkan Bank Indonesia masih saja jadi pembicaraan netizen (warganet). 

Apa pasal?

Rupanya, dalam uang pecahan yang diluncurkan bertepatan dengan peringatan HUT Ke-75 Republik Indonesia tersebut ada foto pria berpakaian adat yang oleh sebagian netizen dianggap pakaian China (Tionghoa).

"Nah coba tebak adat daerah mana yg dalam lingkaran biru," tulis seorang netizen dalam grup whatsapp yang kemudian viral.

Dia menyodorkan uang pecahan yang diluncurkan bertepatan HUT Kemerdekaan RI tersebut,

Foto mirip uang pecahan Rp 75.000 yang banyak dinyinyiran oleh sejumlah netizen karena menampilkan pria berpakaian adat tertentu.
Foto mirip uang pecahan Rp 75.000 yang banyak dinyinyiran oleh sejumlah netizen karena menampilkan pria berpakaian adat tertentu. (Viral di Grup WA)

Ternyata, foto pria berpakaian adat di dalam uang pecahan Rp 75.000 yang dihebohkan netizen tersebut adalah pria berpakaian adat Suku Tidung.

Di mana asal usul Suku Tidung?

Wikipedia menulis, Suku Tidung merupakan suku yang tanah asalnya berada di bagian utara Pulau Kalimantan (Kalimantan Utara).

Suku ini juga merupakan anak negeri di Sabah, jadi merupakan suku bangsa yang terdapat di dua negara, yaitu  Indonesia dan Malaysia (negeri Sabah).

Suku Tidung semula memiliki kerajaan yang disebut Kerajaan Tidung. Tetapi akhirnya punah karena adanya politik adu domba oleh pihak Belanda.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved