Breaking News:

Berita Internasional

Turki Tuding UEA Munafik, Iran Sebut UEA Menusuk Punggung Rakyat Palestina

Sejarah dan hati nurani rakyat di wilayah Palestina tidak akan pernah melupakan, dan mengampuni sikap munafik UEA

Reuters/Aljazeera.com
Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Pangeran Mohammed bin Zayed (MBZ) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu 

Wartakotalive, Jakarta - Reaksi sangat keras atas rencana pembukaan hubungan diplomatik Uni Emirat Arab (UEA)-Israel, selain datang dari Palestina, juga dari Turki dan Iran.

Turki menuding Uni Emirat Arab (UEA) munafik. Di satu sisi UAE mendukung penuh Palestina, tapi di sisi lain berdamai dengan Israel yang menjajah Palestina.

Turki memberi reaksi atas pengumuman yang disampaikan Presiden AS Donald Trump bahwa UEA dan Israel bersepakat untuk membuka hubungan diplomatik.

Dalam kesepakatan tersebut, tercantum bahwa UAE bersedia membuka hubungan damai dengan Israel asalkan Israel tidak mencaplok wilayah Tepi Barat (Sungai Yordan), yang disetujui Israel.

Kesepakatan itu dicapai oleh putra mahkota UEA Pangeran Mohammed bin Zayed (MBZ), dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Donald Trump.

"Sejarah dan hati nurani rakyat di wilayah Palestina tidak akan pernah melupakan, dan mengampuni sikap munafik UEA, yang mengkhianati Palestina demi kepentingan sempit dirinya," begitu bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki, yang dikutip aljazeera.com, Jumat, 14 Agustus 2020.

Iran juga bersikap serupa dengan Turki.

Kementerian Luar Negeri Iran menyebut bahwa normalisasi hubungan UAE-Israel merupakan langkah strategis yang tolol, yang justru akan menyulut perlawanan yang lebih besar di kawasan Arab.

"Langkah memalukan UEA yang mau berdamai dengan rezim Zionis palsu (Israel) jelas berbahaya. UAE dan negara-negara lain yang mendukung langkah itu harus bertanggung jawab atas konsekuensi yang bakal terjadi," begitu pernyataan Kemlu Iran.

UAE, kata Kemlu Iran, telah menusuk punggung rakyat Palestina, dan akan memerkuat persatuan wilayah melawan rezim Zionis.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Bambang Putranto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved