Breaking News:

Pendidikan

Trimatra Pendidikan Harus Jadi Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Penyusunan mata pelajaran harus mengacu desain struktur kurikulum inti pendidikan yang pada dasarnya ada empat, yaitu “Agama,kebangsaan, Etika, logika

Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Pontjo Sutowo, mengatakan,  membangun warga negara unggul sangatlah penting bagi sebuah  bangsa.

Menurut Daoed Joesoef, tokoh pendidikan nasional, eksistensi dan kelangsungan hidup sebuah negara dimulai dari pikiran warga negaranya.

Warga negara harus dibangun sebagai benteng ketahanan demi kelangsungan hidup negara-bangsa.

Pemikiran membangun manusia Indonesia bukan hanya membangun manusia sebagai individu tetapi juga membangun sebagai warga negara.

Maka dalam naskah akademik diusulkan bahwa kerangka dasar kurikulum adalah Trimatra Pendidikan,

Trimatra Pendidian berisi tentang Kebangsaan-Etika-Logika.

Sebab itu, penyusunan mata-pelajaran harus mengacu pada desain struktur kurikulum inti pendidikan kita yang pada dasarnya ada empat, yaitu “Agama-Kebangsaan-Etika-Logika”.

"Berbeda dengan negara lain yang tidak menempatkan Agama di dalam kurikulumnya, Indonesia harus menempatkan Agama di dalam kurikulumnya karena selain berhubungan dengan etika maka Agama juga berhubungan dengan kebangsaan/nasionalisme," kata Pontjo Sutowo di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Ketua Aliansi Kebangsaan itu menyatakan bahwa etika dipakai dalam Trimatra Pendidikan, karena lebih berkaitan dengan hubungan sosial sebagai manusia atau disebut sebagai etika pergaulan.

Pada jenjang pendidikan tinggi maka etika lebih ditujukan pada etika kebangsaan dan etika dalam dunia kerja.

Halaman
1234
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved