Breaking News:

Deklarasi Perkumpulan Budidaya dan Nelayan Lobster Indonesia

Deklarasi Perkumpulan Budidaya dan Nelayan Lobster Indonesia (PBNLI). Simak selengkapnya dalam berita ini.

ISTIMEWA
Deklarasi sekaligus pengukuhan pengurus Perkumpulan Budidaya dan Nelayan Lobster Indonesia (PBNLI) di Hotel Aston, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Para pelaku usaha lobster, khususnya para nelayan dan pembudidaya, membentuk wadah dengan sebutan Perkumpulan Budidaya dan Nelayan Lobster Indonesia (PBNLI).

Deklarasi sekaligus pengukuhan pengurus PBNLI, berlangsung di Hotel Aston, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020).

Ketua Umum PBNLI, Samingin mengatakan, potensi lobster di Indonesia sangat besar, tetapi budidaya lobster baik laut maupun tawar belum dilakukan secara maksimal.

"Oleh karena itu, dalam rangka semangat menumbuhkembangkan pembudidayaan lobster tersebut, serta meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan pembudidaya lobster, dibentuklah
Perkumpulan Budidaya dan Nelayan Lobster Indonesia," kata Samingin dalam sambutannya.

Tergiur Upah Rp 48 Juta, Sopir dan Kernet Nekat Seludupkan Ganja 400 Kilogram dari Aceh-Bekasi

Penerbitan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan lobster, kepiting, dan rajungan, menurut Samingin, momen tepat untuk mengembangkan komoditas lobster yang sampai saat ini masih belum banyak dilakukan nelayan Indonesia.

Bahkan, Indonesia tertinggal jauh dibandingkan Vietnam yang sudah menjadi produsen utama dunia.

"Padahal selama ini bangsa kita dikenal sebagai penghasil lobster terbaik di dunia," ucapnya.

Oleh sebab itu, dengan dideklarasikan berdirinya PBNLI kata Samingin, agar bisa meraih kembali kebanggaan kita sebagai negara penghasil lobster nomor satu di dunia.

Tidak hanya itu saja, PBNLI akan menumbuh kembangkan semangat pembudidayaan lobster baik di laut maupun di darat yang akhirnya bermuara pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan nelayan lobster.

Athalla Naufal Bantah Putus dengan Aisyah, Hanya Tak Bertemu karena Pandemi Covid-19

"Kita juga akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara penghasil lobster nomor satu di dunia," ujar Samingin.

Lalu bagaimana caranya agar PBNLI bisa mensejahterakan anggotanya sekaligus menjadi mitra strategis pemerintah?

Samingin memaparkan, anggota PBNLI jumlahnya ribuan dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas sampai Pulau Rote.

Bahkan, berada di pulau-pulau terdepan dan terpencil di seantero Nusantara.

"Kami seluruh jajaran pengurus akan memberikan edukasi tentang penangkapan lobster maupun benih bening yang berkelanjutan dan memperhatikan dampak lingkungan maupun sosial kemasyarakatan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved