Breaking News:

Virus Corona

Tepat 17 Agustus, 9 Juta UMKM di Indonesia akan Dapat Bantuan Modal, Ini Persyaratannya

Bantuan modal kerja yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta tersebut ditujukan untuk mendorong produksi UMKM di tengah pandemi virus corona

Dok: Kemenkop dan UKM
Kunjungan kerja Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam realisasi program restrukturisasi atau pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pedagang pasar di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (23/6/2020). Foto dokumentasi Kemenkop dan UKM 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sebanyak 9 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan mendapatkan bantuan modal kerja pada pertengahan Agustus 2020.

Bantuan modal kerja yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta tersebut ditujukan untuk mendorong produksi UMKM di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Pandemi Covid-19 dinilai telah menekan sektor UMKM baik dari sisi pembiayaan, produksi, distribusi, hingga permintaan.

"Jadi ini kami sudah siapkan pertengahan Agustus ini juga sudah bisa kita kick off," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Kantor Presiden, Rabu (12/8/2020).

Dukung Jutaan UMKM Naik Kelas, Gojek Hadirkan Solusi Go-Digital, Ini Ragam Inklusif yang Ditawarkan

Nantinya dana modal kerja tersebut akan langsung ditransfer kepada penerima.

Syaratnya penerima modal merupakan UMKM yang belum pernah menerima pinjaman atau tidak sedang menerima pinjaman.

Teten bilang masalah data telah dilakukan koordinasi untuk verifikasi dan validasi bersama oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan besaran bantuan uang tunai ini akan diberikan secara bertahap.

Ia menyebutkan dalam waktu dekat ini pemerintah akan menyasar 1 juta UMKM terlebih dahulu, hingga semua pelaku UMKM yang terdaftar bisa mendapatkannya.

"Bantuan akan diberikan secara bertahap, mulai dari menyasar 1 juta UMKM hingga akhirnya diterima oleh 12 juta UMKM. Kami harapkan dana ini bisa digunakan bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari tapi bisa digunakan untuk modal berusaha," ucap dia seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya data dikumpulkan dari berbagai kementerian dan lembaga.

Pendaftaran hingga 7 Agustus 2020, Digitarasa Kembali Buka Pelatihan Usaha Kuliner UMKM dan Startup

"Telah terkumpul sekitar 17 juta usaha mikro yang bersumber dari koperasi, kepala dinas, OJK, Himbara, Kementerian dan Lembaga, BUMN, dan BLU," terang Teten.

Langkah terakhir mengenai persiapan pemberian bantuan modal kerja tahap pertama juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.

Dana tersebut sepenuhnya menggunakan danaPEN.

"Saat ini kami sedang finalisasi untuk 9 juta target penerima," terang Askolani.

Askolani bilang program tersebut direncanakan meluncur pada 17 Agustus mendatang.

Hal itu bertepatan dengan hari kemerdekaan ke 75 Indonesia.

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved