Breaking News:

Transportasi Jakarta

Operasional Vakum Sejak 2019, Bagaimana Nasib Perusahaan Metro Mini?

Angkutan umum Metro Mini sempat jadi primadona transportasi umun di era tahun 1990 hingga 2000-an. Moda transportasi ini diminati lantaran tarifnya

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Direktur PT Metro Mini Nofrialdi saat ditemui di kantornya di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTAKOTALIVE.COM, PULOGADUNG - Angkutan umum Metro Mini sempat jadi primadona transportasi umun di era tahun 1990 hingga 2000-an.

Moda transportasi ini diminati lantaran tarifnya relatif terjangkau bagi masyarakat.

Hingga kemudian operasionalnya dihentikan oleh Dinas Perhubungan pada tahun 2019 lalu, dikarenakan mayoritas armadanya dinilai tak layak jalan.

"Metro Mini kan sudah tidak boleh lagi lah jalan. Kan sudah pada tahu bahwa umur kendaraan di DKI itu untuk angkutan hanya batasnya maksimal 10 tahun.

"Setelah di lewat 10 tahun itu itu tidak boleh kan lagi jalan," kata Direktur Utama PT Metro Mini Nofrialdi saat ditemui di kantornya di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020).

Ia bersama para pemegang saham lainnya sempat mati-matian memperjuangkan nasib Metro Mini agar operasionalnya tetap berjalan.

Namun, upayanya gagal dan Pemprov DKI menganjurkan agar Metro Mini bergabung dengan PT TransJakarta.

"Kita pernah berjuang, terus mungkin mendengar di Dishub kita berjuang minta dibantu lah, diperpanjang, yang akhirnya di 2020 awal, sudah habis nggak boleh lagi ada diperpanjang.

"Itu terakhir trayek dan memang Pemda menganjurkan atau menginstruksikan harus bergabung dengan TransJakarta," tuturnya.

Sejak saat itu, pihak perusahaan terpaksa mereduksi jumlah karyawannya hingga menunggu kerjasama dengan TransJakarta yang hingga kini belum terealisasi.

Perusahaan yang sahamnya juga dimiliki oleh banyak masyarakat tersebut, saat ini sedang mempersiapkan sejumlah armada baru agar nantinya bisa bergabung dengan TransJakarta.

Seperti pembentuk manajemen baru, mengurus legalitas perusahaan dan penyiapan prototype armada yang akan diuji oleh TransJakarta. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved