Breaking News:

Liga 1

Asal Usul Nama Septinus 'Hanoman' Alua, Salah Cetak Jersey Hingga Jadi Keberuntungan

Namun pada saat produksi jersey Perseru sebelum tampil di Liga Indonesia, nama yang diajukan Alua berubah menjadi Hanoman.

Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Murtopo
Super Ball
Pemain Persiba Balikpapan Septinus Alua akan berbagi cerita dan pengalaman di dunia sepak bola bersama Super Ball, pada Rabu (12/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gelandang Persiba Balikpapan, Septinus Alua mengungkapkan awal mula cerita bisa melekatnya nama Hanoman dalam dirinya.

Sejatinya, nama Hanoman itu muncul karena kesalahan dari pencetak jersey tim yang digunakannya pada saat bersama Perseru Serui tahun 2016.

Saat itu, Septinus Alua memang ingin menggunakan nama Hanoma, tanpa huruf N di jersey yang digunakan bersama Perseru Serui.

Nama Hanoma sendiri merupakan pemberian dari para leluhurnya di kampung halaman di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Ini 7 Aturan Baru PT LIB di Liga 1, Kompetisi Tanpa Degradasi Hingga Bisa Tambah Pemain Baru

Untuk menghormati para leluhurnya, nama tersebut akhirnya digunakan di tim yang pertama kali dibelanya di kompetisi kasta teratas di Indonesia.

Namun pada saat produksi jersey Perseru sebelum tampil di Liga Indonesia, nama yang diajukan Alua berubah menjadi Hanoman.

"Sebenarnya tidak ada huruf N diakhirnya, cuma Hanoma saja. Nama Hanoma itu sebenarnya pemberian dari tua-tua adat saya di kampung," kata Septinus Alua saat live bersama Superball, Rabu (12/8/2020).

PT LIB Bakal Beri Hadiah Juara dan Runner-up Liga 1 Uang Tunai Rp 1 Miliar dan Rp 500 Juta

"Dulu itu saya masih di Perseru tahun 2016, saya pikir pakai nama apa dan saya mau pakai nama pemberian dari orang tua. Waktu saya usulkan mau pakai Hanoma saja di Perseru, tapi pada saat dipercetakan jersey, mungkin ditambah n belakangnya jadi Hanoman," tambahnya.

Seperti diketahui, Hanoman merupakan nama seorang tokoh pewayangan di tanah Jawa, berupa seekor kera putih yang sakti mandraguna.

Masyarakat di Indonesia memang sudah sangat familiar dengan nama dan istilah dari Hanoman.

Jelang Liga 1 2020, PT Liga Indonesia Baru Dekati Klub

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved