Aksi KKB Papua

Perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan RI di Papua Bakal Diwarnai Pengamanan Ketat, Ini Kata Kapolres Mimika

Perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Papua bakal dilakukan dengan pengamanan ketat. Ini diungkapkan Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata di Timika

Editor: Andy Pribadi
Tangkapan layar FB
Ilustrasi: Perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan RI di Papua Bakal Diwarnai Pengamanan Ketat, Ini Kata Kapolres Mimika 

WARTAKOTALIVE.COM, TIMIKA - Perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Papua bakal dilakukan dengan pengamanan ketat.

Pihak Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata di Timika mengungkapkan,  jajaran TNI-Polri di Papua telah bekerja sama dengan Satuan Tugas Pengamanan Objek Vital Nasional PT Freeport Indonesia untuk memperketat pengamanan.

Pengamanan dimaksud menyangkut siaga menghalau aksi teror Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua, yang kerap bikin ulah mengusik ketenangan masyarakat.

Oleh karena itu Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata meyakinkan Senin (10/8/2020), seperti dilansir dari Antara, KKB Papua tak akan bisa mengusik perayaan HUT ke-75 kemerdekaan RI di Papua.

Mendagri Tito Karnavian Siap Tambah Pasukan Jika Masih Kurang untuk Tangkal Teror KKB Papua

Beda Tanggal 1 Juli 2020 Hari Bhayangkara ke-74 dan Hari Kemerdekaan Papua Barat Diklaim KKB Papua

Apes, Anggota KKB Papua Tertembak Pistol Sendiri tapi Tetap Kembali ke NKRI

Menurut Kapolres Mimika, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Satuan Tugas Pengamanan Objek Vital Nasional PT Freeport Indonesia untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan oleh KKB Papua menjelang peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Era Adhinata mengatakan pengamanan di sepanjang rute jalan tambang Freeport mulai dari wilayah dataran rendah menuju wilayah dataran tinggi Mimika akan diperketat, untuk mencegah jangan sampai KKB Papua mengusik keamanan menjelang peringatan HUT RI.

"Yang jelas untuk pengamanan menyambut 17 Agustus.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan semua satuan dan unsur terkait untuk memperketat pengamanan di sepanjang rute PTFI, jangan sampai mereka mengganggu perayaan 17 Agustus," kata AKBP Era Adhinata.

Pasang bendera

Kapolres Mimika juga mengimbau warga setempat untuk memeriahkan perayaan kenegaraan itu dengan memasang bendera Merah Putih dan umbul-umbul di rumah-rumah, kantor-kantor pemerintah, pertokoan dan lainnya, termasuk di kendaraan bermotor.

Polres Mimika juga akan bekerja sama dengan Tim Binmas Noken Polri untuk menggelar bakti sosial pada beberapa tempat di sekitar Kota Timika.

Serta pemberian bantuan sembako untuk warga terdampak bencana banjir bandang di beberapa lokasi di kawasan dataran rendah Mimika.

Sebanyak 5.000 Prajurit TNI/Polri Siaga Hadapi 4 KKB Papua Bersatu yang Siap Serang dari Gunung Botak di Tembakapura.
Sebanyak 5.000 Prajurit TNI/Polri Siaga Hadapi 4 KKB Papua Bersatu yang Siap Serang dari Gunung Botak di Tembakapura. (Tangkapan Layar Antara via Surya.co.id)

"Perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mungkin tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya, karena kita masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved