Breaking News:

IPW Apresiasi Gerindra yang Desak Pegawai KPK Jadi ASN, Ini Peluang Kinerjanya

Neta S Pane menuturkan pihaknya memberi apresiasi kepada Partai Gerindra yang mendorong agar status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi: PNS mengikuti apel pagi. IPW Apresiasi Gerindra yang Desak Pegawai KPK Jadi ASN. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menuturkan pihaknya memberi apresiasi kepada Partai Gerindra yang mendorong agar status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Sebab itu IPW mendesak Presiden Jokowi agar segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang penjabaran UU KPK mengenai status ASN pegawai KPK," kata Neta kepada Warta Kota, Jumat (7/8/2020).

Dengan keluarnya PP tersebut, kata Neta, jenjang karir pegawai KPK semakin jelas dan masa depannya pun semakin jelas.

"Tidak seperti sekarang, jenjang karir pegawai KPK tidak jelas juntrungannya. Ada pegawai yang sudah puluhan tahun atau sejak KPK berdiri, bertugas di tempat yang sama hingga kini.

"Akibatnya, jenjang karirnya tidak jelas dan pegawai tersebut cenderung 'membangun kerajaan sendiri' di tubuh KPK," papar Neta.

Sebelumnya desakan Partai Gerindra terhadap status ASN pegawai KPK ini disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Arief Poyuono kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Arief mengatakan, dengan berstatus ASN, maka ASN KPK bisa jadi percontohan bagi ASN di lembaga dan institusi negara yang lainnya.

Setidaknya, bisa menciptakan institusi yang clean governance dan bebas korupsi serta menularkan budaya antikorupsi kepada instusi negara.

"Apa yang disampaikan tokoh Gerindra ini adalah sesuatu yang sangat tepat dan perlu dicermati semua pihak, terutama oleh Presiden Jokowi," kata Neta.

IPW menilai, dengan keluarnya PP ASN KPK para pegawai lembaga anti rasuah itu bisa digeser ke berbagai departemen dan institusi pemerintah untuk menggetok tularkan semangat anti korupsi.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved