Breaking News:

Kabar Artis

Polda Metro Jadwalkan Periksa Anji Manji dan Hadi Pranoto Senin Pekan Depan

Menurut Yusri, meski dijadwalkan diperiksa penyidik Senin depan, surat pangggilan kepada Anji dan Hadi Pranoto belum dilayangkan.

Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Hadi Pranoto saat ditemui di lobi Hotel Grand Savero, Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Hadi Pranoto mengaku menemukan obat herbal untuk menangkal Covid-19 dalam botol kecil ukuran 100 mililiter. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI--Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara dalam kasus dugaan penyebaran berita bohong yang dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, dengan terlapor penyanyi Erdian Aji Prihartanto alias Anji, dan Hadi Pranoto.

"Hasilnya ditemukan adanya unsur pidana, sesuai yang dipersangkakan dalam kasus ini. Karenanya penyidik menaikkan status kasusnya dari penyidikan ke penyelidikan," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis (6/8/2020).

Karenaya, kata Yusri, penyidik telah menjadwalkan untuk memeriksa terlapor yakni Anji dan Hadi Pranoto, pada Senin (10/8/2020) pekan depan.

"Dijadwalkan kedua terlapor yakni A dan HP diperiksa penyidik awal pekan depan, Senin 10 Agustus," kata dia.

Azriel Tiba-tiba Ingin Menikah Setelah Berkunjung ke Yogyakarta, Begini Jawaban Anang Hermansyah

Ketika Para Bintang Sinetron Dari Jendela SMP Mengaku Tersesat saat Menjadi Artis

Menurut Yusri, meski dijadwalkan diperiksa penyidik Senin depan, surat pangggilan kepada Anji dan Hadi Pranoto belum dilayangkan.

"Kan bisa saja surat panggilan kita layangkan, Jumat besok. Intinya penyidik menjadwalkan memeriksa A selaku pemilik akun YouTube Dunia Manji dan HP yang diwawancarainya, pada Senin depan," kata Yusri.

Menurut Yusri dalam kasus ini pihaknya sudah meminta keterangan pelapor dan dua saksi. "Kami akan periksa juga nanti beberapa saksi ahli. Ahli bahasa, ahli IT, dan dari IDI," kata Yusri.

Seperti diketahui Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, atas dugaan penyebaran berita bohong ke Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

Hal itu terkait video Anji saat mewancarai Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat untuk Covid-19 dan diupload di akun YouTube Anji.

Cemburu Jadi Motif Tersangka Nekat Habisi Nyawa Kekasihnya di Apartemen Margonda Depok

Gelar Perkara, Polda Metro Naikkan Status Kasus Anji Manji dan Hadi Pranoto ke Penyidikan

Laporan tercatat dengan nomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ, tanggal 3 Agustus 2020

Adapun pasal yang dipersangkakan adalah Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo Pasal 45a Undang-Undang RI Nomor 19 tahun 2016 dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved