Ganjil Genap Jakarta

Masa Sosialisasi Diperpanjang, Penilangan Aturan Ganjil Genap Ditunda Sampai Pekan Depan

Penilangan aturan gangil genap nantinya akan dilakukan secara konvensional dan dengan sistem ETLE atau tilang elektronik.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Nur Ichsan
Petugas Polantas bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta sedang melakukan sosialisasi aturan pembatasan lalu lintas ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (6/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI--Penilangan aturan ganjil genap mobil yang rencananya diterapkan, mulai Kamis (6/8/2020) hari ini ditunda sampai pekan.

Penyebabnya, selama masa sosialisasi sejak diberlakukannya aturannya ini di 25 ruas jalan di Jakarta sejak Senin (3/8/2020), masih banyak warga yang tidak tahu dan melakukan pelanggaran.

Karenanya Ditlantas Polda Metro Jaya memperpanjang masa sosialisasi dan menunda penerapan tilang yang rencananya mulai dilakukan Kamis (6/8/2020).

Penerapan tilang baru akan diberlakukan Senin (10/8/2020) pekan depan.

Aktor Dwi Sasono Terancam Hukuman Maksimal 12 Tahun Penjara dan Denda Rp 1 Miliar

"Jadi sosialisasi diperpanjang sampai Minggu 9 Agustus," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (6/8/2020).

Selama masa sosialisasi sejak Senin (3/8/2020) lalu, kata Sambodo pengendara mobil yang melanggar aturan ganjil genap di ruas jalan yang ditentukan, akan tetap diberhentikan.

"Tapi mereka yang melanggar belum ditilang. Mereka akan diberhentikan lalu kita beri teguran, tapi belum ditilang. Ke mereka kami beri pemahaman bahwa aturan ganjil genap kembali berlaku dan diterapkan," kata Sambodo.

Penilangan kata dia rencananya akan diberlakukan mulai Senin (10/8/2020) pekan depan.

Kasubdit Gakkum DitlantasPolda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan banyaknya warga atau pengendara mobil yang belum tahu mulai diberlakukannya kembali aturan ini menjadi alasan penundaan penerapan tilang sampai Senin pekan depan.

Operasi Ganjil Genap Digelar Empat Hari, Petugas Jaring Ratusan Pengendara di Jalan Gunung Sahari

Sosialisasi penerapan ganjil genap di Jalan Gunung Sahari Raya, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara pada Senin (3/8/2020).
Sosialisasi penerapan ganjil genap di Jalan Gunung Sahari Raya, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara pada Senin (3/8/2020). (Warta Kota)

"Jadi, kita putuskan untuk memasifkan informasi kepada masyarakat jenis pelanggaran gage ini. Makanya kita tidak melakukan penindakan Kamis ini tapi memperpanjang sosialisasi," kata Fahri, Kamis.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved