Breaking News:

Virus Corona

Yayasan Swara Peduli Indonesia Gelar Test Kesahatan Masal

Kegiatan ini dilaksanakan didukung Puskesmas Kecamatan Duren Sawit serta relawan Yayasan Swara Peduli Indonesia.

dokpri
Yayasan Swara Peduli Indonesia melaksanakan kegiatan screening kesehatan terpadu di komunitas pemulung yang berada di wilayah Kampung Sumur, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada tanggal 4 – 5 Agustus 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta secara resmi memperpanjang PSBB Transisi di DKI Jakarta, yang ditenggarai masih tingginya tingkat kasus positif Covid-19 di ibukota melebihi ambang batas WHO.

Melihat fenomena ini, Yayasan Swara Peduli Indonesia melaksanakan kegiatan screening kesehatan terpadu di komunitas pemulung yang berada di wilayah Kampung Sumur, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada tanggal 4 – 5 Agustus 2020.

Kegiatan ini sebagai bagian dari program asistensi rehabilitasi sosial penanganan warga terlantar dampak Covid-19 berbasis komunitas yang diinisiasi oleh direktorat jenderal  rehabilitasi sosial kementerian sosial.

Endang Mintarja, Ketua Yayasan Swara Peduli, menyambut baik tindakan pencegahan Covid-19 hingga elemen masyarakat marjinal di DKI Jakarta, “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mencegah potensi penyebaran covid-19 di lingkungan masyarakat yang selama ini kurang dipandang oleh masyarakat luas”, kata Endang Mintarja,

Program yang diikuti ratusan kepala keluarga ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan laboratorium tb, hepatitis, HIV, serta rapid test Covid-19 dan membagikan masker, sanitizer, hingga sabun antiseptik.

Kegiatan ini dilaksanakan didukung Puskesmas Kecamatan Duren Sawit serta relawan Yayasan Swara Peduli Indonesia.

“Program ini diharapkan efektif untuk menanamkan kesadaran masyarakat komunitas pemulung kampung sumur akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan.”, ujar Adhi Wiguna, ketua pembina relawan Yayasan Swara Peduli.

Selain menjadi sarana pencegahan covid-19 melalui deteksi dini, program ini juga bertujuan untuk memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat marjinal, serta menjadi pengingat akan pentingnya menjalakan protokol kesehatan oleh semua elemen masyarakat.

Selain kegiatan kesehatan, dalam program asistensi rehabilitasi sosial penanganan warga terlantar dampak Covid-19 berbasis komunitas ini juga dilakukan kegiatan dapur umum untuk menekan aktivitas masyarakat marjinal ke jalan.

Penulis:
Editor: M Nur Ichsan Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved