Ganjil Genap Jakarta

Sosialisasi Ganjil Genap di Jalan Gunung Sahari Petugas Berikan Bunga Hingga Bendera Merah Putih

Di hari pertama pemberlakuan ganjil genap di massa PSBB transisi petugas menyetop 127 kendaraan

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Petugas membagikan bendera ketika melakukan sosialisasi ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (5/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hingga hari ketiga sosialisasi kebijakan ganjil genap, petugas gabungan memberikan teguran kepada 284 pengemudi karena kedapatan melanggar aturan. Demikiana diungkap Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Lilik, Rabu (5/8/2020).

Lilik menjelaskan, selama masa sosialisasi, petugas tidak melakukan penindakan tilang, tapi hanya teguran sekaligus memberikan sosialisasi kepada pengemudi. Bila ada yang melanggar, lanjutnya, petugas akan menyetop kendaraan itu dan menegur si pengendara.

“Kalau dilihat dari pertama sosialisasi jumlah pelanggar yang kami berhentikan dan diberikan sosialisasi berangsur menurun. Kami yakin pengendara sudah memahami betul dan ini bukan aturan baru,” kata Lilik.

Tangani Covid-19 DKI Jakarta Sudah Diperkuat 54 Laboratorium

Sepeda Motor Dominasi Pelanggaran Operasi Patuh Jaya, 27.081 Pengendara Ditilang

Disebutkan Lilik, di hari pertama pemberlakuan ganjil genap di massa PSBB transisi petugas menyetop 127 kendaraan. Kemudian, di hari kedua ada 98 kendaraan yang disetop, dan di hari ketiga tercatat ada 59 kendaraan.

“Artinya mereka ini sudah paham mengenai aturan ganjil genap, karena kita lihat memang sampai tiga hari ini jumlah pelanggar mulai menurun,” ujarnya. Sementara pada Kamis (6/8) dikatakan Lilik, pelanggar ganjil genap akan diberikan sanksi tilang, sehingga diharapkan masyarakat dapat menyesuaikan jadwal aturan ganjil genap.

Lilik mengatakan, pemantauan ganjil genap dilakukan seperti biasa oleh petugas kepolisian di beberapa traffic light yang masuk jalur ganjil genap, sedangkan di area yang terdapat CCTV tidak dijaga oleh petugas.

“Kalau untuk pengawasan dan penindakan seperti biasanya. Tapi kalau yang ada camera kita tidak melakukan penindakan karna sudah pasti kena kamera ganjil genap,” ujarnya. Penerapan sistem ganjil genap yang berlaku pada jam tertentu yakni pukul 06.00-10.00 dan 16.00-21.00.

Pemkot Tangsel Cari Sosok Pengganti Muhamad untuk Mengisi Jabatan Sekda

Dampak Kebijakan Ganjil Genap, Penumpang Transjakarta Meningkat Hingga 337.118 Orang

Sementara, sosialisasi ganjil genap juga dilaksanakan di Jalan Gunung Sahari, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (5/8/2020). Petugas membagikan bendera maupun bunga kepada para pengendara. Pantauan di lokasi, sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara bersama anggota Satuan Lalu Lintas Jakarta Utara menggelar sosialisasi ganjil genap kepada pengendara.

Sejumlah pengendara roda empat dengan plat nomor genap dihentikan petugas untuk diberikan sosialisasi. Setelahnya mereka lalu mendapat bendera maupun bunga oleh petugas.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk mengingatkan kepada para pengendara terkait kebijakan ganjil genap. “Kita sampaikan ke pengendara pribadi sekaligus sampaikan kepada mereka bahwa besok sudah mulai penindakan,” ucap Harlem.

Selain itu pada kesempatan tersebut petugas membagikan bendera maupun bunga kepada pengendara yang mendapat sosialisasi ganjil genap maupun penumpang angkutan umum.

Bek Tira Persikabo, Artyom Filiposyan, Butuh Waktu untuk Beradaptasi

Timnas Senior dan Timnas U-19 Indonesia Akan Mulai Latihan Hari Jumat 7 Agustus Ini

“Ini (bagi-bagi bendera) juga dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia. Kalau yang bunga itu bentuk apresiasi kita pada pengguna angkutan umum,” sambung Harlem.

Sementara itu seorang pengendara, Hendrik mengapresiasi adanya sosialisasi ganjil genap di lokasi tersebut. Sehingga mengingatkan para pengendara perihal kebijakan ganjil genap. “Saya sihs udah tahu (ganjil genap) cuman karena masih sosialisasi, jadi masih berani  lewat sini,” ungkap Hendrik.

Selain itu petugas juga menegur puluhan pengendara roda empat yang melanggar kebijakan ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved