Breaking News:

Hukum

Penetapan Tersangka Manajer BCA Dinilai Janggal Oleh Kuasa Hukum, Ini Kata Penyidik Ditreskrimsus

Penetapan Tersangka Manajer BCA Dinilai Janggal Oleh Kuasa Hukum, Ini Kata Penyidik Ditreskrimsus. Simak Selengkapnya :

thinkstockphotos
Ilustrasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) 

WARTAKOTALIVE.COM, Semanggi - Alvin Lim, kuasa Hukum tersangka berinisial M, Manajer Service Bank BCA, menilai penetapan kliennya sebagai tersangka pelanggaran UU Perbankan, karena telah membuka data nasabah atau kerahasiaan bank sangat janggal.

Sebab atas apa yang dilakukan M, justru mengungkap dugaan pencucian uang dan penggelapan uang Rp 12, 9 Miliar hingga Ditreskrimum Polda Metro menetapkan Direktur Keuangan PT AMM, Tjhin Arifin Chandra sebagai tersangka.

M diketahui menjadi tersangka atas laporan, Tjhin Arifin Chandra.

Terungkapnya dugaan penggelapan dan pencucian uang oleh Tjhin hingga ia ditetapkan tersangka, kata Alvin tak terlepas dari peran Manager Service BCA berinisial M, yang membuka dan menyerahkan slip setoran cek.

Namun oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, M justru ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Meski, tersangka M tidak ditahan dalam kasus ini.

Menanggapi tudingan janggalnya penetapan tersangka atas M, Kanit I Fismondev Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Dafi Bustomi mengatakan penetapan M sebagai tersangka berdasarkan sejumlah fakta hukum yang didapat dalam penyelidikan.

Hardiono Sebut Pemkot Depok Harus Lakukan Reformasi Birokrasi

"Kami bekerja berdasar laporan saudara Tjhin Chandra, dan sesuai fakta hukum yang ada, saudara M sudah melakukan pelanggaran dengan membuka kerahasiaan bank. Sehingga kami tetapkan tersangka, namun tidak kami tahan," kata Dafi, saat ditemui Warta Kota di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/8/2020).

Menurut Dafi, pendapat kuasa hukum yang menyebutkan bahwa apa yang dilakukan M telah mengungkap kejahatan pihak lain yang ditangani Ditreskrimum Polda Metro Jaya, boleh-boleh saja.

"Tapi yang dilakukan M itu telah melawan hukum sesuai perundangan yang ada dan yang sesuai yang kami tangani berdasarkan laporan pelapor," kata Dafi.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved