Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Tahapan Pilkada 2020 Kota Tangsel, KPU Lakukan Coklit Data Pemilih

Tahapan coklit itu dilakukan usai KPU Kota Tangsel menerjunkan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

Warta Kota
Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro saat ditemui di Kantor KPU Kota Tangsel pada Senin (3/8/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, SETU - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 Kita Tangerang Selatan (Tangsel) telah memasuki masa tahapannya jalang pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020 nanti. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan tahapan yang sedang berlangsung saat ini berupa pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Tahapan coklit itu dilakukan usai KPU Kota Tangsel menerjunkan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

"Pada prinsipnya sebagai penyelenggara kita siap. Ada beberapa aspek yang perlu kita sampaikan dari sisi regulasi walaupun kemarin kita telah dibekukan sementara untuk tahapan atau ditunda. Saat ini kita telah mengaktifkan kembali petugas-petugas kita baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat kelurahan yaitu PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara)," kata Bambang saat ditemui di Kantor KPU Kota Tangsel, Setu, Senin (3/8/2020).

"Kita sudah juga merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang masa coklit dari kemarin sudah berjalan dari tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020. Jadi proses coklit kita sudah lakukan hampir dua minggu lebih," lanjutnya. 

Bambang menjelaskan tahapan-tahapan itu tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020. 

Selain itu, terdapat pula regulasi aturan terkait pelaksanaan Pilkada 2020 Kota Tangsel di tengah masa bencana non alam atau pandemi covid-19 ini berupa PKPU Nomor 6 Tahun 2020. 

"Jadi kalau aspek regulasi sudah ada, aspek SDM (Sumber Daya Manusia) sudah ada, anggaran sudah dipenuhi oleh sebab itu kita harus siap melaksanakan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan," tandasnya. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved