Breaking News:

Berita Jakarta

Pembobolan Mesin ATM BNI Terinspirasi Channel YouTube, Polda Metro Minta Kemenkominfo Bertindak

Dari pengakuan S alias Moko, eksekutor kawanan ini, mereka terinspirasi melakukan pembobolan berdasarkan tayangan YouTube.

Warta Kota/ Budi Sam Law Malau
KOnferensi pers ungkap kasus curat dan curas di Mapolda Metro Jaya, Senin (3/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Subdit 3 Resmob Diteskrimum Polda Metro Jaya berhasil membekuk tiga orang kawanan pelaku pembobol mesin ATM bank BNI dengan modus mengganjal obeng, saat menarik tunai.

Ketiga pelaku adalah S (27) alias Moko, P (34) alias Line dan YR (30) alias Ririn, janda 3 anak. Ketiganya dibekuk di Grand Pramuka Tower Scarlet, Lt. 10 SC 10-G2, Jakarta Pusat, 27 Juli lalu.

Sementara dua pelaku lain, anggota kawanan mereka yakni S dan R masih buron dan dalam pengejaran petugas.

Kawanan ini diketahui sudah 9 kali beraksi membobol mesin ATM BNI di 9 lokasi di Jakarta yakni dua lokasi di Cakung, Jakarta Timur di Semper, Jakarta Utara, dua ATM di Koa, Jakarta Utara, dua lokasi di Pulo Gebang, Jakarta Timur dan dua lokasi di Rorotan, Jakarta Utara.

Dalam setiap beraksi, para pelaku berhasil membobol uang di dalam mesin ATM antara Rp 2 Juta sampai Rp 10 Juta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan modus yang digunakan pelaku yakni mengganjal mesin ATM dengan obeng saat tarik tunai berhasil merusak sistem mesin ATM.

Saat itulah pelaku mengambil uang di dalam mesin ATM menggunakan pinset yang dimodifikasi, sementara saldo di rekening ATM pelaku tak berkurang.

"Dari pengakuan S alias Moko, eksekutor kawanan ini, mereka terinspirasi melakukan pembobolan berdasarkan tayangan televisi yang tersimpan di channel You Tube," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (3/8/2020).

Tayangan di channel itu kata Yusri dijadikan tutorial bagi pelaku untuk beraksi.

Yusri menjelaskan dalam tayangan itu Polres Jakarta Utara membekuk 4 pelaku pembobol mesin ATM dengan cara serupa pada Januari 2020.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved