Ganjil Genap

Masih Sosialisasi, Penilangan Aturan Ganjil Genap Dilakukan Mulai Kamis 6 Agustus

Meski diterapkan mulai Senin (3/8/2020) besok, polisi baru mulai melakukan penindakan berupa tillang bagi pelanggar aturan ganjil genap mulai Kamis.

Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo di Bunderan HI, mensosialisasikan aturan ganjil genap, Minggu (2/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI -- Pemprov DKI akan kembali memberlakukan aturan ganjil genap bagi mobil atau aturan pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap di sejumlah ruas jalan di Jakarta, mulai Senin (3/7/2020) besok.

Diberlakukannya kembali aturan ini sebagai upaya untuk mengendalikan mobilitas masyakarat di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, guna memutus rantai penularan Covid-19.

Meski diterapkan mulai Senin (3/8/2020) besok, polisi baru mulai melakukan penindakan berupa tillang bagi pelanggar aturan ganjil genap itu mulai Kamis (6/8/2020).

Sebab polisi masih melakukan sosialisasi untuk penerapan kembali aturan ini, sampai Rabu (5/8/2020).

Dimulai Senin (3/8), Ditlantas Polda Metro Kerahkan 280 Personel saat Penerapan Aturan Ganjil Genap

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan pihaknya mendukung penuh penerapan kembali aturan ganjil genap itu, yang sejak masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta ditiadakan.

"Ditlantas mendukung penuh kegiatan itu. Untuk pelaksanaan penindakannnya, bahwa selama 3 hari yakni Senin, Selasa dan Rabu, kita melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu. Jadi belum ditilang. Tetapi pada Kamis 6 Agustus, setelah selesainya Operasi Patuh Jaya, baru kita lakukan penindakan tilang bagi pelanggar aturan ganjil genap," papar Sambodo di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2020).

Dirlantas Polda Metro: Pemberlakuan Kembali Ganjil Genap, Harus Diikuti Kebijakan Lainnya

Menurut Sambodo, selama masa sosialisasi, pengendara mobil yang melanggar aturan ganjil genap di ruas jalan yang ditentukan, akan tetap diberhentikan.

"Tapi mereka yang melanggar belum ditilang. Mereka akan diberhentikan lalu kita beri teguran, tapi belum ditilang. Ke mereka kami beri pemahaman bahwa aturan ganjil genap kembali berlaku dan diterapkan," kata Sambodo.

Nantinya menurut Sambodo penilangan aturan ganjil genap yang efektif diberlakukan Kamis (6/8/2020) akan dilakukan secara manual maupun lewat sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Ada Wacana Penambahan Ruas Jalan Ganjil Genap, Dirlantas Polda Metro Paparkan Syaratnya

"Penilangan dilakukan baik secara manual oleh petugas di lapangan, dan secara elektronik atau ETLE," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved