Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Cegah Viru Corona, Bank Indonesia dan Kodam Jaya Luncurkan QRIS

Bank Indonesia dan Kodam Jaya meluncurkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS), di Makodam, Jakarta Timur, Senin (3/8/2020).

Warta Kota/Rangga Baskoro
Peluncuran QRIS oleh Bank Indonesia dan Kodam Jaya di Makodam Jaya, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (3/8/2020). QRIS memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran non tunai. 

WARTAKOTALIVE.COM, KRAMAT JATI - Bank Indonesia dan Kodam Jaya meluncurkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS), di Makodam, Jakarta Timur, Senin (3/8/2020).

QRIS diluncurkan untuk mempermudah sistem pembayaran non-tunai di lingkup Kodam Jaya.

Assisten Gubernur Bank Indonesia Bidang Sistem Pembayaran, Filianingsih Sidharta menjelaskan, pembayaran non-tunai bisa membantu menghindari potensi penularan virus corona.

"Sebagai informasi untuk masyarakat, uang yang kembali dari peredaran di masyarakat, ketika kembali ke Bank Indonesia, kami karantina selama 14 hari," kata Filianingsih.

Bank DKI Sediakan Layanan Non Tunai, Warga Tak Perlu Transaksi Cash untuk Pembayaran Layanan AGD

Pedagang di 7 Pasar di Tangerang Diajari Transaksi Non Tunai, Kendalanya Banyak yang Belum Punya HP

"Karena kita tidak tahu kalau uangnya terkontaminasi atau tidak. Dengan menggunakan transaksi non-tunai, bisa menghindari potensi penularan," katanys lagi.

Selain itu, peluncuran QRIS sebagai bentuk transformasi digital sistem pembayaran di Indonesia dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan secara digital system.

"Dengan begitu, mengubah cara pembayaran yang semula menggunakan tunai menjadi non-tunai, dengan berbasiskan financial technology (fintech) dengan tujuan untuk mendukung strategi keuangan inklusif dan efisiensi sistem pembayaran," ujarnya.

Filianingsih menambahkan, QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia pada  17 Agustus 2019.

VIDEO: Jual Beli di Pasar Tradisional Kota Tangerang Akan Diwajibkan Non Tunai

Berbagai Kendala Ditemukan dalam Jual Beli Sistem Non Tunai di Pasar Tradisional Tangerang

Pemerintah mewajibkan penggunaannya secara nasional pada 1 Januari 2020.

"QRIS bersifat menyatukan dan memberikan efisiensi pembayaran QR. Dengan satu kode QRIS, kode nir sentuh tersebut dapat menerima uang elektronik dari aneka aplikasi melalui smartphone," kata Filianingsih.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved