Breaking News:

Berita Tangsel

Aliran Kali Jaletreng Tercemar Limbah, DLH Kota Tangsel : Diduga Berasal dari Industri Taman Tekno

Aliran Kali Jaletreng Tercemar Limbah, DLH Kota Tangsel : Diduga dari Industri di Kawasan Taman Tekno. Tingkat Pencemaran Terbilang Sedang

Warta Kota
Aliran Kali Jaletreng yang berada tepat di sisi kawasan industri Taman Tekno, Serpong, Tangsel pada Selasa (3/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Aliran Kali Jaletreng yang terletak di kawasan Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) kerap didapati dalam kondisi tercemar.

Besar dugaan, limbah yang terlihat berasal dari aktivitas industri di kawasan Taman Tekno.

Kabar kerap tercemarnya aliran Kali Jaletreng itu dibenarkan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengawan dan Pembinaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Tedi Krisna.

"Itu salah satu penyebabnya tercemar mungkin bisa dikatakan dari kawasan Taman Tekno," kata Tedi saat dikonfirmasi, Tangsel pada Senin (3/8/2020).

Tedi menjelaskan pencemaran yang terjadi pada Kali Jaletreng terkategori sebagai pencemaran air pada tingkat sedang.

Menurutnya pada tingkat pencemaran tingkat sedang ini kerap dialami oleh aliran sungai yang ada di wilayah Kota Tangsel.

Bahkan, ia tak memungkiri hampir keseluruhan aliran sungai yang melintasi kawasan Kota Tangsel terkategori dalam pencemaran tingkat sedang.

Dua Pegawai Positif Covid-19, Lantai Tiga dan Empat Kantor Kecamatan Matraman Ditutup Tiga Hari

"Kalau untuk saat ini semua kali di kawasan Tangsel memang posisi tercemar. Tidak tercemar berat, tetapi tercemar sedang untuk kawasan kali, anak sungai tercemar sedang rata-rata termasuk Jalatreng," ungkap Tedi.

"Jadi semua kali-kali itu sudah tercemar sedang, karena kan banyak perumahan banyak limbah domestik yang rata-rata dibuangnya ke kawasan sungai kecil," tambahnya.

Status limbah Kali Jalatreng tersebut dipaparkan Tedi merujuk pemeriksaan baku mutu sungai yang dilakukan pihaknya.

"Jadi gini kami kan ada kategori, bahan baku mutu terkait sungai, itukan masuknya kelas dua ada parameternya. Nah apabila melebihi dari pada parameter itu kami katakan tercemar baik sedang atau berat," papar Tedi.

"Tergantung pencemarannya ada gradenya. Jadi kalau tercemar sedang itu berarti kalau memang diminum harus diolah, enggak bisa langsung diminum," lanjutnya.

Polisi Tangkap Delapan Pelaku Pengeroyokan Remaja Hingga Tewas di Pademangan, Dua Pelaku Masih Buron

Adapun saat ini Tedi mengaku pihaknya tengah melakukan pengawasan dan pengecekan ke sejumlah perusahaan industri yang ada di Taman Tekno.

Sementara pantauan Wartakotalive.com dilokasi, air pada aliran Kali Jaletreng terlihat berwarna keruh. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved