Breaking News:

Virus Corona

Sempat Dirawat di RS, 3 Pastor Keuskupan Purwokerto Jalani Isolasi Mandiri, Ini Hasil Tes Swab Kedua

Sempat Dirawat di RS, 3 Pastor Keuskupan Purwokerto Kini Jalani Isolasi Mandiri, Ini Hasil Tes Swab Kedua Tiga Pastor Keuskupan Purwokerto

Sutriyono via hidupkatolik.com
Gereja Katedral Purwokerto (Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto). Sebanyak tiga pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Perwokerto kini menjalani isolasi mandiri, setelah sempat dinyatakan positif Covid-19. Apa hasil test swab kedua? 

WARTAKOTALIVE.COM, PURWOKERTO - Setelah sempat dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani pemeriksaan ketat di rumah sakit, tiga pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto kini menjalani isolasi mandiri.

Hal ini menyusul kabar dari tim dokter pada Minggu (2/8/2020) pagi yang menyatakan bahwa hasil tes usap kedua atas kelima suspect tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

"Kabar tersebut telah kami umumkan saat misa tadi pagi," kata Sekretaris Keuskupan Purwokerto Romo FX Bagyo Purwosantosa Pr saat dihubungi Antara di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (2/8/2020).

UPDATE Uskup Agung Medan dan 4 Pastor Positif Covid-19, Jubir KAM: Bukan untuk Menakuti, Mari Berdoa

Menurut Romo Bagyo, isolasi mandiri dilakukan setelah tiga pastor dan dua karyawan Keuskupan Purwokerto itu menjalani perawatan di rumah sakit dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2020.

Selama dirawat di rumah sakit, paparnya, tiga pastor dan dua karyawan itu menjalani serangkaian pemeriksaan, termasuk tes usap kedua yang hasilnya dinyatakan negatif.

"Untuk lebih meyakinkan, mereka saat ini sekarang menjalani isolasi mandiri. Dalam hal ini, para pastor menjalani isolasi mandiri di Keuskupan, sedangkan yang karyawan di rumah masing-masing," katanya.

Selain Uskup Agung Medan dan 4 Pastor Positif Covid-19, 2 Pastor dan 1 Suster Jalani Isolasi Mandiri

Uskup Agung Medan dan Vikjen KAM Positif Covid-19, Pastor Benyamin Purba Jadi Pengganti Sementara

ILUSTRASI Gereja Katedral Purwokerto, suasana sebelum pelaksanaan misa sore beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil tes usap kedua, tiga Pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Perwokerto dinyatakan negatif Covid-19.
ILUSTRASI Gereja Katedral Purwokerto, suasana sebelum pelaksanaan misa sore beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil tes usap kedua, tiga Pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Perwokerto dinyatakan negatif Covid-19. (Antara/Wuryanti Puspitasari)

Positif Covid-19

Sebelumnya, menyusul hasil tes usap pertama yang menyatakan tiga pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto terkonfirmasi positif Covid-19, peribadatan dan kegiatan di gereja kembali ditiadakan.

Selain itu, kompleks Gereja Katedral Purwokerto disemprot disinfektan untuk sterilisasi.

”(Ada) tiga pastor dan dua karyawan (positif Covid-19). Mereka sudah karantina dan kegiatan gereja satu pekan ini tidak ada misa dulu,” kata Uskup Purwokerto Mgr Christophorus Tri Harsono saat dikonfirmasi melalui aplikasi percakapan oleh Kompas.id di Purwokerto, Banyumas, Sabtu (1/8/2020) siang.

Sekretaris Keuskupan Purwokerto RD FX Bagyo Purwosantosa menambahkan, tes usap tenggorokan telah dilakukan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas di kompleks Gereja Katedral Purwokerto.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved