Breaking News:

Pendidikan

Tantangan Bangsa Indonesia Saat Ini Membangun Sistim Pendidikan yang Tepat

Penanaman nilai-nilai moral harus dimulai sejak usia dini, baik melalui jalur pendidikan keluarga, jalur non-formal, dan pendidikan formal.

Tantangan Bangsa Indonesia Saat Ini Membangun Sistim Pendidikan yang Tepat
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Ketua Akiansi Kebangsaan, Pontjo Sutowo

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Ketua Aliansi Kebangsaan, Pontjo Sutowo, mengatakan keberhasilan pembangunan ranah mental spiritual atau tata nilai sangat bertumpu pada rejim pendidikan dan ilmu pengetahuan, karena pada dasarnya kebudayaan dapat dibentuk.

Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai moral harus dimulai sejak usia dini, baik melalui jalur pendidikan keluarga (in-formal), jalur non-formal, dan pendidikan formal.

Namun karena perkembangan keadaan saat ini, dimana peran keluarga dan masyarakat dalam pendidikan moral atau karakter cenderung menurun, maka diharapkan pendidikan formal menjadi penjurunya.

Lebih lanjut Pontjo Sutowo mengatakan bahwa Pendidikan yang ‘tepat’ (right education)  berperan sangat besar dalam pembangunan mental spiritual bangsa.

Kabareskrim Polri Listyo Prabowo Pastikan Kasus Djoko Tjandra Berlanjut dan Transparan

Makan Daging Kambing Bisa Meningkatkan Gairah Seksual Pria, Benarkah?

Pendidikan yang tepat  akan berperan dalam proses menjadikan orang  baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik, dan warga dunia yang baik.

Sebaliknya, pendidikan yang tidak tepat  bisa menggerus potensi kebajikan yang pada awalnya ada pada seseorang.

Oleh karena itu, tantangan suatu bangsa adalah membangun  sistem pendidikan yang tepat yang  sesuai dengan konteks sosial-budaya, sejarah, lingkungan alam bangsa yang bersangkutan, dan kebutuhan masa depan. 

"Kepentingan dan urgensi dari membangun sistem pendidikan yang tepat semakin besar mengingat risiko dari kegagalan pendidikan tidak hanya membuat suatu bangsa terpuruk secara ekonomi dan sosial, namun juga mengancam eksistensi bangsa itu sendiri, ujar Pontjo dalam diskusi Kelompok Terarah (DKT) yang mengambil tema Pendidikan sebagai Wahana Mengokohkan Budaya Bangsa beberapa waktu yang lalu.

Pontjo menyatakan bahwa dalam rangka ikut membangun pendidikan yang tepat itulah Aliansi Kebangsaan, YSNB, FKPPI, dan para kolega seperjuangan mendorong dilakukannya revisi terhadap Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang saat ini sudah masuk Prolegnas 2020, ujarnya Pontjo selanjutnya.

Program Sedekah Karyawan Palyja Salurkan Kurban ke Kampung Nelayan, Jakarta Utara

BERITA FOTO: Cat Tembok Jembatan Percantik Ibu Kota Jakarta

Dalam rangka mendorong percepatan pembahasan RUU tersebut , YSNB, FKPPI, Aliansi Kebangsaan dan para kolega seperjuangan telah menyampaikan aspirasi dalam bentuk Naskah Akademik yang sudah kami sampaikan dan paparkan dalam RDPU dengan Komisi X DPR-RI pada tanggal 6 Juli 2020 yang lalu.

Halaman
12
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved