Breaking News:

Pengurus Masjid Istiqlal Akan Menyembelih 21 Ekor Sapi Termasuk Sumbangan Presiden dan Wapres

Pihak panitia kurban Masjid Istiqlal tidak membagikan daging hewan kurban secara langsung pada Idul Adha tahun ini.

Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris
Menteri Agama Fachrul Razi menyerahkan hewan kurban secara simbolis, mewakili Presiden dan Wakil Presiden, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Kurban Istiqlal, Wakil Ketua Peribadatan Istiqlal, Abu Huraira, mengatakan, Masjid Istiqlal melakukan pemotongan hewan kurban pada Sabtu (1/8/2020).

Hingga saat ini total sementara ada 36 ekor hewan kurban yang diterima oleh panitia kurban Masjid Istiqlal. Satu ekor sapi di antaranya berasal dari sumbangan Presiden RI Joko Widodo.

“Sementara ada 21 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Termasuk sapi dari Pak Presiden dan Pak Wapres,” kata Abu Huraira di konfirmasi, Jumat (31/7/2020). Dikatakan Abu Huraira, sapi milik Presiden berjenis sapi Peranakan Ongole (PO) dengan berat 1.093 ton, sedangkan milik Wakil Presiden, memiliki berat 1 Ton. Adapun pelaksanaan pemotongan mulai pukul 08.00.

Rayakan Idul Adha di Tanah Kelahiran, Gelandang Persija Sandi Sute Kurban 2 Ekor Sapi

9 Pelaku Tawuran di Depok Ditangkap, Seorang Diantaranya Napi Asimilasi yang Dibebaskan Saat Covid

Pihak panitia kurban Masjid Istiqlal tidak membagikan daging hewan kurban secara langsung pada Idul Adha tahun ini. Hal ini juga sama dilakukan pada tahun sebelumnya karena untuk menghindari terjadinya kerumunan dan antrean.

“Tahun ini pendistribusiannya sama persis seperti tahun-tahun sebelumnya. Cuma bedanya pada tahun ini kami ada yang distribusikan dalam keadaan hidup,” kata Abu. Dimana tiga ekor sapi yang dibagikan dalam keadaan hidup, di distribusi ke tiga lokasi di luar DKI Jakarta di antaranya Pusat Studi Alquran, Perguruan Tinggi Alquran, dan Yayasan Al Itrisiah.

Pada saat proses pemotongan, pihak panitia kurban Masjid Istiqlal juga akan mengedepankan protokol kesehatan bagi para petugas dan melarang masyarakat untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengurbankan satu ekor sapi seberat 1,3 ton di Hari Raya Idul Adha 1441 H pada Jumat (31/7/2020). Sapi milik Anies itu sudah diserahkan ke PD Dharma Jaya pada Kamis (30/7) untuk dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Kami menitipkan seekor sapi beratnya 1,3 ton, kemudian sapi yang dari Pak Wagub beratnya 1 ton yang nanti akan dipotong di Dharma Jaya juga,” kata Anies di Balai Kota DKI pada Jumat (31/7/2020).

Fakta Baru Ditemukan, Akankah Pelaku Pembunuhan Siswi SMK di Bogor Terungkap

Dosen Terpapar Covid-19, Rektor Universitas Andalas Lakukan Tracking ke Keluarga dan Pegawai

Anies mengatakan, secara keseluruhan jumlah sapi yang dititipkan Pemprov DKI Jakarta kepada Dharma Jaya mencapai 160 ekor. Sapi itu diserahkan ke sana karena pemerintah daerah meniadakan kegiatan pemotongan hewan kurban di Masjid Fatahillah Balai Kota untuk menyikapi wabah Covid-19.

Kegiatan pemotongan hewan kurban di masjid, dikhawatirkan dapat memicu kerumunan orang yang berdampak pada penularan Covid-19 antarpribadi. Soalnya banyak masyarakat Jakarta yang bakal mendatangi ke Balai Kota untuk mendapatkan daging kurban.

“Total di RPH sana ada lebih dari 800 sapi (sebagai hewan kurban). Tetapi dari Pemprov DKI Jakarta, ada 160 ekor sapi yang dititipkan di Dharma Jaya. Jadi pemotongannya tidak di sini, tapi di Dharma Jaya,” jelasnya. Menurut dia, suasana Idul Adha kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan tahun sebelumnya, masyarakat berkumpul dengan keluarga besarnya untuk mempererat silaturahmi.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved