Breaking News:

Kilas Balik

Kisah Perjuangan Maria Lawalata Jadi Penentu Indonesia Juara Umum di Sea Games 1991

Kisah Perjuangan Maria Lawalata Jadi Penentu Indonesia Juara Umum di Sea Games 1991. Simak selengkapnya dalam berita ini..

Muhammad Naufal
Maria Lawalata ditemui di kawasan Bekasi, Jawa Barat Rabu (29/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Indonesia menjadi juara umum di ajang Sea Games 1991 setelah berhasil meraih 92 emas, 87 perak dan 69 perunggu..

Sementara itu Tuan rumah Filipina harus puas duduk di posisi runner-up dengan hanya meraih 91 emas, 61 perak dan 95 perunggu.

Saat itu gelar penentu juara umum Indonesia ditentukan dari cabang olahraga marathon atas nama Maria Lawalata.

Saat itu Maria Lawalata yang turun di nomor lari maraton bersaing ketat dengan dua pelari asal negara Myanmar.

VIDEO: Kisah Pelari Nasional, Maria Lawalata, Bersikeras Harumkan Indonesia di SEA Games 1991

Tidak hanya dari negara lain, Maria juga bersaing dengan atlet Indonesia bernama Suryati. Saat itu memang yang digadang-gadang menjadi juara adalah Suryati.

"Saat itu saya turun di Sea Games Manila, bersaing dengan negara lain sesama atlet Tenggara. tidak hanya mereka saya bersaing juga dengan sesama negara sendiri iaitu Suryati," ungkap Maria ditemui di Kawasan Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020).

Saat Maria bersaing dengan Suryati untuk bisa menjadi yang terbaik untuk bisa membuat Indonesia keluar sebagai juara umum di ajang Sea Games.

Sempat terjadi persaingan antara dirinya dengan Suryati. Maria yang dijuluki kijang 2 saat itu bersaing hebat dengan rekan senegaranya sendiri.

VIDEO: Sempat Terlilit Hutang Rp 150 juta, Kasus Mantan Atlet Nasional Maria Lawalata Berujung Damai

Namun nama Maria yang justru tidak diunggulkan berhasil menyelesaikan lomba dan menjadi juara satu usai Suryati harus keluar setelah mengalami kram perut menjelang kilometer kilometer 11.

"Saat menjadi juara saya ingat saya bersaing ketat juga dengan Suryati. Bahkan sampai bisa dikatakan adu mulut, Walaupun dari negara yang sama, Karena kita ingin saling ingin menjadi juara saat itu sebab medali yang kita raih bisa menjadi penentu gelar juara umum bagi kontingen Indonesia," ujar Suryati.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved