Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Waduh, Delapan Pengunjung CFD Kota Bekasi Reaktif, Satu Warga Jakarta dan Dua Kabupaten Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi kembali melakukan rapid test kepada pengunjung car free day (CFD) Kota Bekasi pada Minggu (26/7/2020).

Warta Kota/Muhammad Azzam
Suasana car free day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, pada Minggu (26/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi kembali melakukan rapid test kepada pengunjung car free day (CFD) Kota Bekasi pada Minggu (26/7/2020).

Hasilnya, dari 179 pengunjung yang dilakukan test, delapan orang diantaranya hasilnya reaktif.

"Rapid test di CFD Minggu kemarin ada delapan orang reaktif," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezi Syukrawati, Rabu (29/7/2020).

Dezy menjelaskan, delapan orang reaktif itu terdiri dari satu warga DKI Jakarta, dua warga Kabupaten Bekasi dan satu lagi sudah kembali ke Surabaya.

"Untuk warga diluar Kota Bekasi sudah kita koordinasi dan sampaikan ke Dineks daerah terkait. Kalau empat warga sini sudah kita test swab," beber Dezy.

Dari empat warga Kota Bekasi yang dilakukan test swab itu, dua diantarnya hasilnya negatif. Untuk dua sisanya, masih menunggu hasil.

"Dua orang lagi masih menunggu hasil di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah), karena baru kemarin tesnya," terang dia.

Dezy menyebut rapid test ini sebagai sarana pelacakan virus corona. Ia meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan ditengah masa adaptasi tatanan hidup baru masyarakat produktif aman covid-19.

"Kita terus mengimbau agar masyarakatnya patuh dengan protokol. Karena tingkat kepatuhan pada protokol yang membuat kita tidak saling membahayakan satu sama lain," tandasnya.

Diketahui Pemkot Bekasi telah menggelar CFD sejak Minggu, 5 Juli 2020. Untuk rapid test mulai dilalukan pada minggu kedua.

Hasil rapid test pertama pada 12 Juli 2020, tidak ditemukan pengunjung CFD yang reaktif.

Baru kemudian pada rapid test pekan lalu (19/7), sebanyak 118 orang menjalani tes dengan delapan diantaranya reaktif.

Kemudian, delapan reaktif itu langsung dilakukan swab test. Hasilnya, dua diantaranya positif corona atau Covid-19.

Untuk CFD pada Minggu (26/7/2020), dari 179 pengunjung dirapid test, hasilnya delapan orang reaktif. (MAZ)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved