Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Pelaku Penyebaran Video Hoaks Seragam Tentara Cina di Kelapa Gading Ditangkap

Penangkapan pelaku yang bekerja sebagai karyawan swasta itu tidak lepas dari pengecekan digital oleh tim Cyber Crime Mabes Polri.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Konferensi pers kasus ungkap kasus penyebar video hoaks, Rabu (29/7), di Polres Metro Jakarta Utara. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Pelaku penyebaran video hoaks yang memberi informasi adanya tempat laundry yang mencuci seragam tentara Cina di Kelapa Gading, Jakarta Utara akhirnya ditangkap.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan bahwa pelaku berinisial AC (35) ditangkap di rumahnya di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (27/7).

Penangkapan pelaku yang bekerja sebagai karyawan swasta itu tidak lepas dari pengecekan digital oleh tim Cyber Crime Mabes Polri. Hingga akhirnya didapati penyebar video ialah AC.

"Tersangka ini kami lakukan pelacakan dan akhirnya ditemukan tersangka, kami lakukan penangkapan," kata Budhi, Rabu (29/7).

Pada saat dilakukan tangkap AC, polisi menyita telepon seluler yang digunakan pelaku untuk menyebarkan informasi hoaks tersebut.

Sebelum ada penangkapan, Polres Metro Jakarta Utara juga sempat melakukan pengecekan 42 tempat laundry di Kelapa Gading dan tidak ada yang melayani pencucian seragam tentara Cina.

"Tidak ada satu pun laundry yang ada tempat ataupun ada baju sebagaimana yang viral di media sosial tersebut," tegas Budhi.

Pelaku AC dijerat Pasal 45 huruf A ayat 2 atau Pasal 28 UU ITE karena diduga menyebarluaskan informasi untuk menimbulkan kebencian dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

Sebelumnya, video tentang seragam tentara Cina di sebuah tempat laundry di Kelapa Gading viral di media sosial. Hal itu fiungkapkan orang berbicara di dalam video tersebut.

"Baju-baju komunis nih, komunis tentara China nyuci di Kelapa Gading. Di laundry Kelapa Gading menerima pakaian seragam tentara China," ujar seseorang dalam video berdurasi sekitar satu menit itu. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved