Breaking News:

Virus Corona

Pakar Sebut Penyebab Penularan Covid19 di Kantor: Kebanyakan Ngobrol dan Sirkulasi Udara Buruk

Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona.

Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Kalster perkantoran perlu waspada dengan banyaknya penularan Covid19 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Klaster perkantoran penularan Covid-19 di Jakarta kini menjadi sorotan.

Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona.

Menurut pakar epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono, jumlah itu diperkirakan lebih besar sebab banyak perkantoran yang tidak transparan soal kasus Covid-19 yang terjadi di lingkungannya.

Dengan adanya fenomena itu, para pegawai kantoran di Jakarta mesti ekstrawaspada.

Pandu menilai, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para pegawai di kantor guna mengurangi potensi tertular Covid-19 dari rekan kerja.

Ada 68 Perkantoran di Ibu Kota Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

ASN dan Pegawai di Kantor Kecamatan Matraman Jalani Swab Test Pasca Ada yang Positif

"Kuncinya waspada. Jangan terlalu lama di kantor, jangan terlalu lama mengobrol di kantor. Pakai masker saat ngobrol. Ngobrol pun jarak jauh saja," kata Pandu ketika dihubungi pada Selasa.

"Orang itu seringkali begitu masuk kantor, bertemu dengan temannya, mereka melepas masker. Padahal tidak tahu kan mereka rumahnya di mana-mana saja," ujar dia.

Sirkulasi udara buruk Pandu menyebutkan, potensi paling rawan penularan virus corona terjadi ketika sirkulasi udara di ruangan kantor kurang berjalan lancar.

Kondisi ini semakin rawan jika ada banyak orang di ruangan itu, dan mereka semua berbicara, tanpa mengenakan masker karena merasa aman.

"Biasanya ruangan rapat itu yang kecil dan kalau lagi rapat seringkali semua bicara dan harus hati-hati di situ," kata dia.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved